Lahirkan Inovasi Batik dari Ampas Kopi, Profesor Ini Temui Bupati Eka Putera

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM – Dengan melahirkan sebuah inovasi dari ampas kopi, menjadi barang yang memiliki nilai tinggi, seorang professor di Tanah Datar menemui Bupati Eka Putra, Sabtu (29/01/22) dirumah pribadinya, Tepi Selo.

Dia adalah Prof. Azril Azhari,Ph. D, putra asli Tanah Datar ini, melahirkan batik dari ampas kopi. Hal ini telah dilakukan oleh Azril beberapa tahun belakangan ini.

Kedatangannya ke tempat rumah pribadi bupati Tanah Datar ini, melakukan silahturahmi sekaligus memperkenalkan inovasinya ini.

“Ampas kopi kita manfaatkan untuk membuat Batik, dengan demikian tidak ada yang terbuang ketika kita menikmati secangkir kopi,” terang Prof. Azril.

Ia menerangkan proses inovasinya, menjadikan ampas kopi menjadi batik dengan memasok bahan baku dari beberapa kedai kopi yang ada di Tanah Datar.

“Kita ambil ampas kopi di kedai kopi, dikumpulkan mengunakan kantong, sewaktu-waktu kita jemput secara langsung,” ujar Prof. Azril.

Dari pemanfaatan ampas kopi itu, kain batik yang dihasilkan terlihat sangat unik, dan wangi serta struktur kainpun terasa kental aroma kopinya.

Dan untuk keawetan warna kain serta aroma yang dikeluarkan, katanya sudah melakukan beberapa kali percobaan, hingga saat ini iapun masih melakukan rangkaian percobaan.

“Kita juga melakukan pencucian sebanyak 25 kali dengan berbagai teknik,” tuturnya.

Sementara itu, Bupati Eka Putra sangat mengapreasi inovasi yang dilakukan Prof. Azril, ia pun berharap tokoh perantau lainnya dapat mengikuti langkah putra daerah tanah datar itu, untuk memajukan kampung halamannya.

“Inovasi dari Prof. Azril Azhari dengan memanfaatkan ampas kopi diaplikasikan ke kain batik patut kita beri apresiasi, langkah ini akan berdampak pada kemajuan ekonomi jika hal ini bisa dikembangkan,” ujarnya.

Ia menambahkan, jika inovasi ini akan ditindak lanjuti oleh pemkab Tanah Datar tentang pengembangan kain batik ampas kopi ini.

“Perlu adanya konsep yang matang sehingga betul-betul sempurna, kami akan membantu untuk mencarikan solusi ini,” tutur Eka Putra. (Al/Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *