Dasawisma Rosella Saringan Kota Sawahlunto, Dinilai Oleh Tim Penilai Provinsi Sumbar.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Ketua tim penilai kelompok Dasawisma tingkat Provinsi, sekaligus Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny Dr Fitria Amalia Audy SPKK, MKes bersama rombongan, pada Selasa pagi (22/2) mengunjungi kelompok Dasawisma Rosella di RT 001/RW 03 Lubang Tembok, Kelurahan Saringan, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto.

Hadir langsung untuk menyambut kedatangan rombongan tim penilai, Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE bersama Wakil Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto, Ny Neldaswenti Zohirin MSi yang juga sekaligus sebagai Ketua GOW Kota Sawahlunto.

Tim penilai Provinsi mengunjungi kelompok Dasawisma Rosella, sehubungan dengan masuknya kelompok dari Kelurahan Saringan Kota Sawahlunto ini, ke dalam nominasi lima (5) terbaik Dasawisma Kota di tingkat Provinsi Sumbar.

Karenanya, kegiatan ini merupakan bentuk verifikasi penilaian dan seleksi guna untuk menentukan peringkat kelompok Dasawisma pada tingkat Provinsi Sumbar.

Wakil Ketua TP-PKK Sumbar, Ny Fitria Amalia Audy saat dikonfirmasi oleh awak media menyatakan, “kelompok Rosella sebenarnya sudah menjadi pemenang karena sudah masuk ke dalam lima besar terbaik, di tingkat Provinsi Sumbar,” ungkapnya disela sela kunjungannya.

Lebih lanjut dikatakan, “kita harapkan kelompok ini bisa menjadi contoh bagi Dasawisma lain, utamanya di Kota Sawahlunto. Sehingga mampu dan berimbas kepada meningkatnya ekonomi keluarga yang sekaligus dapat mensejahterakan warga masyarakat secara umum melalui berbagai kegiatannya. Seperti, berbagai produk UMKM kerajinan dan makanan, kebun tanaman toga dan lainya,” urai Ny. Fitria Amalia Audy.

“Saat ini, yang menjadi program unggulan dalam penilaian adalah mengenai data anak Stunting beserta cara pencegahan dan penanggulangannya. Begitupun penilaian terhadap penerapan Protokol Kesehatan (Prokes), di lingkungan Dasawisma Rossela.

“Kita sampaikan apresiasi yang tinggi atas berbagai kegiatan dan prestasi yang telah dicapai Dasawisma Rosella. Dan harapannya, semoga mendapat yang terbaik di tingkat Provinsi,” urai Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumbar ini dengan penuh optimisme.

Sementara itu, Wakil Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto Ny Neldaswenti Zohirin MSi menuturkan harapannya agar Dasawisma Rosella mendapatkan hasil terbaik dalam penilaian ini nantinya.

Istri Wawako Sawahlunto, Neldaswenti Zohirin yang juga sebagai Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan anggota DPRD Kota Sawahlunto ini menuturkan bahwa, pemerintah bersama dinas dan instansi terkait telah bersinergi melakukan pembinaan dan pendampingan kepada seluruh kelompok Dasawisma yang ada di Kota Sawahlunto.

“Ke depannya, kita akan melakukan inovasi dalam hal pendataan seluruh Dasawisma agar data yang ada dapat diakses secara online, terintegrasi dengan data yang ada pada Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sawahlunto,” ungkap Neldaswenti

Lebih lanjut dikatakan, “melalui Dasawisma, secara bersama kita bergerak untuk membangun dan meningkatkan perekonomian keluarga, yang dimulai dari lingkungan masing-masing dengan tetap menerapkan Prokes agar perekonomian warga dapat pulih dan meningkat, yang berimbas terhadap perekonomian warga Sawahlunto secara keseluruhan. Sehingga prestasi sebagai kota dengan tingkat kemiskinan terendah di Indonesia dapat terus dipertahankan,” pungkas Neldaswenti Zohirin mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *