Pengusaha dan Perantau Pasaman Warga Sawahlunto, Bantu Korban Gempa.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Akibat gempa yang melanda daerah Kab Pasaman dan Kab Pasaman Barat sekitarnya, sejumlah bangunan dan rumah ibadah yang ada di kawasan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah.

Selain kerusakan bangunan, perkantoran dan rumah ibadah, gempa ini juga menimbulkan korban jiwa, luka-luka berat dan ringan serta saat ini tidak kurang dari sekitar 50 ribu jiwa berada di tempat pengungsian.

Bahkan menurut laporan terbaru Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di dua kabupaten terdampak, terdapat sebanyak 42 orang luka berat, 346 luka ringan, 4 orang masih dinyatakan hilang dan 13.000 jiwa mengungsi pada 35 titik pengungsian serta lebih dari 6.000 rumah mengalami kerusakan.

Melihat dampak yang sangat besar dari gempa bumi tersebut, beberapa pengusaha tambang di Sawahlunto seperti, CV BMK, CV PSPN, PT Dasrat bersama dengan Ikatan Keluarga Pasaman (IKP) Sawahlunto, dengan bergerak cepat akan mengirimkan bantuan logistik pada Senin besok (28/2) ke lokasi bencana.

Bantuan yang dikirim menggunakan dua (2) truk colt diesel tersebut, berisikan 2,5 ton beras, 300 dus mie instan dan 300 dus air mineral yang diperuntukkan bagi korban bencana gempa bumi Pasaman Barat dan Kabupaten Pasaman.

Bantuan yang dikirimkan, merupakan salah satu bentuk kepedulian dan rasa empati warga Sawahlunto yang berusaha di bidang tambang batu bara, bekerja sama dengan warga Pasaman perantauan yang berdomisili di Kota Sawahlunto.

“Bantuan ini, ditujukan kepada saudara kita di Pasaman Barat dan Pasaman yang sedang tertimpa musibah. Semoga bantuan yang dikirimkan ini, dapat meringankan beban saudara kita yang sedang mendapat musibah,” ungkap Jhon Reflita saat mempersiapkan bantuan tersebut Minggu (27/2).

Sebelumnya, menurut Jhon Reflita sebagai pemilik CV BMK Sawahlunto, melalui kordinator Kementerian ESDM Pusat, pada Sabtu kemaren (26/2) CV BMK juga sudah memberangkatkan Team Resque sebanyak empat (4) orang ke lokasi tempat bencana di Pasaman.

Begitupun seperti yang sudah kita ketahui, Polres Sawahlunto dan Bhayangkari Polres Sawahlunto pada hari Sabtu kemaren (26/2), juga telah mengirimkan bantuan untuk para korban bencana Kab Pasaman dan Pasaman Barat, sebagai rasa empati dan peduli Polres Sawahlunto beserta jajarannya. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *