Rombongan Pemko Bersama Dandim dan Kapolres Sawahlunto, Serahkan Langsung Bantuan Untuk Korban Bencana.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH bersama dengan rombongan yang terdiri dari Kapolres Sawahlunto AKBP. Ricardo Condrat Yusuf SH serta Dandim 0310 Sawahlunto Sijunjung Letkol. Inf. Endik Hendra Sandi pada Minggu (27/2) mengantarkan dan menyerahkan langsung bantuan untuk korban bencana gempa di Pasaman dan Kab Pasaman Barat.

Rombongan Pemko Sawahlunto lainnya adalah Wakil Walikota (Wawako) Zohirin Sayuti SE, Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM serta Wakil Ketua TP-PKK Kota Sawahlunto Ny. Neldaswenti Zohirin yang turut serta menyerahkan bantuan kepada masyarakat korban bencana gempa bumi di Kabupaten Pasaman dan Kabupaten Pasaman Barat.

“Kami telah serahkan langsung bantuan itu kepada Bupati Pasaman Barat, Hamsuardi dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pasaman, Djoko Rifanto Minggu sore (27/2). Kami berharap, bantuan itu dapat meringankan masyarakat korban gempa terutama yang sedang mengungsi dalam memenuhi kebutuhan pokok mereka,” ujar Wako Sawahlunto Deri Asta.

Wako Sawahlunto menyebutkan bahwa, bantuan yang diserahkan ini merupakan yang dihimpun secara spontan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Sawahlunto, ditambah bantuan dari Polres Sawahlunto dan Dandim 0310 Sawahlunto Sijunjung serta PSDKU UNP Sawahlunto.

“Sebelum kami mengantarkan bantuan ini, pada Jum’at malam (25/2) Pemko Sawahlunto sudah lebih dahulu menurunkan tim Taruna Siaga Bencana (Tagana), yang berangkat untuk memberikan pertolongan cepat dan darurat,” ungkap Wako Sawahlunto di Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat, tempat rombongan Sawahlunto mengantarkan bantuan.

Kita ketahui, Rumah Dinas Bupati Pasaman Barat dan Kantor Camat Tigo Nagari, Kabupaten Pasaman saat ini dijadikan posko pengungsi dan tempat penerimaan berbagai barang, untuk bantuan bencana.

Wako Deri Asta menyampaikan bahwa dirinya telah berdialog dengan Bupati Pasaman Barat Hamsuardi dan Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Pasaman, Djoko Rifanto perihal bantuan apa lagi kiranya yang masih kurang dan sangat dibutuhkan oleh korban gempa saat ini.

“Ada beberapa kebutuhan yang disampaikan Bupati Pasbar dan Asisten Setdakab Pasaman, yang sudah dicatat. Nantinya, di Sawahlunto akan kita lihat apakah masih bisa kita bantu, kalau bisa nanti kita antarkan lagi,” ungkap Wako Deri Asta.

Bantuan yang diserahkan tersebut, seperti dirinci oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosPMD-PPA) Kota Sawahlunto, Efriyanto bahwa bantuan untuk Kabupaten Pasaman Barat terdiri dalam bentuk uang dan makanan serta perlengkapan darurat.

“Di Kabupaten Pasaman Barat, bantuan diserahkan berupa uang sebesar Rp 30 juta, telur 65 papan, beras 65 karung (dalam satu karung berisi lima Kilogram), air mineral 65 kardus, mie instan 62 kardus, minyak goreng dua kardus (dalam satu kardus berisi 12 liter), roti dua kardus, baju kaos 100 pcs. Kemudian ditambah bantuan dari Polres Sawahlunto, berupa mie instan 65 kardus, air mineral 65 kardus dan kain sarung lima kodi,” ujar Kadis Efriyanto.

Sementara untuk Kabupaten Pasaman, rincian bantuannya adalah berupa uang sejumlah Rp 15 juta, telur 35 papan, beras 35 karung (dalam satu karung berisi lima Kilogram), air mineral 35 kardus, mie instan 38 kardus, minyak goreng dua kardus (dalam satu kardus berisi 12 liter), roti dua kardus, baju kaos 50 pcs. Dan ditambah bantuan dari Polres Sawahlunto berupa mie instan 35 kardus, air mineral 35 kardus dan kain sarung lima kodi. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *