Kapolres Sawahlunto, Dalam Menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443H Mengeluarkan Himbauan.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kapolres Sawahlunto, AKBP Ricardo Condrat Yusuf SH SIK MH pada Kamis (28/4), kepada awak media di ruang kerjanya mengatakan bahwa, kita ketahui pada dua (2) tahun ke belakang, akibat Pandemi Covid-19 mudik lebaran ditiadakan. Dan tahun 2022 ini, setelah agak melandai, selama 10 hari ke depan mudik lebaran diperbolehkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes).

Untuk mengantisipasi kegiatan tersebut, Polres Sawahlunto beberapa waktu lalu telah melakukan Rapat Lintas Sektoral dengan TNI, Pemko dan unsur masyarakat bertempat di Mako Polres Sawahlunto. Setelah rakor, dilanjutkan dengan latihan pra operasi dan apel serpas Operasi Ketupat Singgalang tahun 2022.

Kapolres Sawahlunto Ricado Condrat yang cukup akrab dengan berbagai lapisan masyarakat ini mengatakan bahwa, “Sawahlunto merupakan salah satu kota tujuan wisata, di Sumatera barat dan dari data yang ada tidak kurang dari empat (4) ribu perantau akan mudik ke kota ini. Untuk mengantisipasi hal tersebut, 70 personil Polres Sawahlunto diterjunkan dalam kegiatan Operasi Ketupat dan ditambah 180 personil dari berbagai instansi terkait yang akan ditempatkan di tiga lokasi pos pengamanan. Pertama berlokasi di jalan lintas Sumatera, tepatnya di depan water boom Muaro Kalaban yang utamanya untuk antisipasi kemacetan dan bencana longsor. Pos dua, untuk pelayanan terletak di depan gedung GPK dan pos tiga, di depan Kebun Binatang Kandih, yang utamanya untuk pengamanan objek wisata yang ada di Kota Sawahlunto, sedangkan personil yang tidak terlibat dalam sprint operasi di siagakan dalam kegiatan Kepolisian Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD),” ungkap Kapolres Sawahlunto dalam paparannya.

Lebih lanjut Kapolres Sawahlunto, AKBP Ricardo Condrat Yusuf SH SIK MH menghimbau demi keamanan dan kenyamanan kita semua, utamanya kepada para pemudik dan masyarakat Sawahlunto secara umum,

1. Pastikan Kondisi rumah yang akan ditinggal selama mudik dalam kondisi aman, dengan tetap menyalakan lampu teras rumah dan laporkan ke RT atau ke Polsek terdekat agar dilakukan pemantauan.

2. Tetap patuhi prokes selama dalam perjalanan dan dimana pun berada.

3. Tetap berhati-hati dalam berkendara, perhatikan batas kecepatan dan patuhi segala peraturan lalu lintas.

4. Apabila Lelah atau mengantuk, dipersilahkan untuk istirahat di pos-pos pelayanan kepolisian.

5. Bagi masyarakat yang ingin berwisata ke Kota Sawahlunto, agar selalu mematuhi Prokes dan menjaga keamanan diri dan keluarga serta barang bawaan.

Semua ini kita lakukan, agar terciptanya keamanan dan ketertiban, khususnya di Kota Sawahlunto selama libur lebaran.

Dan harapan kita semua tentunya, agar untuk berbagai kegiatan ini, diperlukan kerjasama semua pihak dalam mewujudkan libur idul Fitri yang aman, nyaman dan sehat. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *