Tim Ramadhan Kota Sawahlunto, Sampaikan Berbagai Program Pemko.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH bersama Tim I Safari Ramadhan pada hari pertama tim ramadhan Kota Sawahlunto, sesuai jadwal Tim Ramadhan 1443 H tingkat kota, pada Senin malam (11/4) mengunjungi Mesjid Taqwa Talawi Mudik, Kota Sawahlunto.

Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, akan selalu hadir untuk masyarakat Kota Sawahlunto melalui berbagai program yang dicanangkan. Namun partisipasi masyarakat, tentulah sangat penting untuk memastikan bahwa setiap program tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar serta bermamfaat bagi masyarakat banyak.

Hal ini, merupakan wujud dari kebersamaan dalam mendukung program pembangunan di kota wisata tambang yang berbudaya, dan telah diakui oleh badan dunia UNESCO.

Dan nilai kebersamaan tersebut, bagi Sawahlunto telah membuahkan hasil maksimal. Kota Sawahlunto mampu menggeser kota/kabupaten lain di Indonesia dengan menjadi pemuncak indeks angka kemiskinan terendah di Indonesia. Hal ini merupakan sebuah prestasi yang cukup membanggakan, di tengah Pandemi Covid-19 Kota Sawahlunto mampu menekan angka kemiskinan melalui berbagai program yang ada.

Wali Kota juga memparkan beberapa program yang tertuang dalam visi misi pemerintahan Deri Asta Zohirin, diantaranya dibidang keagamaan. Sawahlunto saat ini, telah berdiri Rumah Tahfizd yang merupakan pondasi kuat bagi generasi muda dalam membentengi diri dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Sejak 2019, untuk menciptakan kehidupan beragama yang lebih baik, pemko mulai membina 10 rumah tahfiz dan terus meningkat dratis sampai pada tahun 2021, sudah menjadi 38 rumah tahfizd. Dan pada tahun 2022 ini, ditargetkan akan mencapai 50 rumah tahfizd.

“Sehingga nantinya Sawahlunto akan menjadi gudangnya rumah tahfizd di Sumatra Barat dengan generasi mahir membaca Al-Qur’an dengan lingkungan generasi madani,” ungkap Ketua Tim Ramadhan Deri Asta SH.

Sementara itu, pada bidang pendidikan Wako Deri Asta memaparkan bahwa, saat ini sudah berdiri kampus UNP di Kota Sawahlunto, yang merupakan langkah strategis dalam meningkatkan sektor pendidikan. Jika pada tahun sebelumnya, hanya ada 3 prodi dan pada tahun 2022 ini akan bertambah 3 prodi lainnya, S1 PGSD dan S1 PGTK. Serta Pemko Sawahlunto juga tetap memberi reward bagi mahasiswa asal kota Sawahlunto dalam bentuk biaya pendidikan.

Dalam kegiatan safari ramadhan ini, turut hadir anggota tim I seperti Jaswandi SE, Wakil Ketua DPRD Kota Sawahlunto, Rusdi, Pimpicana Cabang Bank Nagari Sawahlunto serta Yulfaizon, GM PTBA Unit Pertambangan Ombilin Sawahlunto.

Sementara itu, pada hari kedua Selasa (12/4) Tim Ramadhan Tingkat Kota Sawahlunto, yang diketuai langsung oleh Wako Deri Asta mengunjungi Mesjid Raya Silungkang di Jalan Lintas Sumatera, Desa Silungkang Tigo.

Wako Sawahlunto mengucapkan rasa syukurnya kepada Allah dengan ikhtiyar bersama, kita dapat kembali melaksanakan shalat terawih secara berjamaah, setelah 2 tahun berturut tidak bisa melaksanakannya akibat Pandemi Covid-19.

Seperti pada kunjungan pertama Tim Ramadhan di Talawi, Wako Sawahlunto juga menyampaikan berbagai program Pemerintah Kota Sawahlunto yang telah tertuang dalam visi misi pemerintahan Deri Asta – Zohirin. Diantaranya, pada bidang keagamaan, pendidikan, ekonomi kerakyatan, pertanian dan beberapa sektor lainnya.

Pada kesempatan ini, juga diberikan bantuan dari Bank Nagari serta PTBA UPO kepada Pengurus Mesjid Raya Silungkang serta dari Pemerintah Kota Sawahlunto untuk beberapa Mushola yang ada di Kecamatan Silungkang. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *