Wawako Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE Membuka Muscab KPPI.


Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Wakil Walikota (Wawako)  Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE pada Selasa (7/6) membuka secara resmi Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Kaukus Perempuan Politik Indonsia (KPPI) Kota Sawahlunto tahun 2022 bertempat di ruang rapat kantor DPRD Kota Sawahlunto.

Kita ketahui, KPPI merupakan suatu wadah bagi perempuan, khususnya kader dalam melakukan pendidikan dan peningkatan kegiatan kapasitasnya dalam partai politik dengan tujuan untuk  mewujudkan Indonesia yang demokratis dan berkeadilan.

Untuk itu, KPPI memiliki peran dan semangat juang yang tinggi untuk meningkatkan partisipasi perempuan dalam berkontribusi dalam berbagai hal. Dan untuk Kota Sawahlunto, peran serta tersebut sudah terbukti dan ditunjukkan dengan capaian kiprah perempuan yang saat ini duduk di bangku legislatif.

Pencapaiannya sudah 20 persen atau empat (4) orang  dari jumlah 20 orang anggota DPRD Sawahlunto yang ada. Dan diharapkan pada pemilu yang akan datang (2024), peran perempuan Sawahlunto yang duduk di legislatif hendaknya dapat terus ditingkatkan hingga mencapai maksimal (30 persen), sesuai yang diamanatkan undang undang.

Wawako Sawahlunto berharap,  Muscab yang diselenggarakan ini dapat berjalan dengan baik  dan lancar serta melahirkan kepengurusan KPPI yang baru, untuk periode 2022-2026. Susunlah berbagai program kerja, yang dapat meningkatkan kwalitas SDM perempuan serta kegiatan yang dapat dan mampu menyentuh lapisan masyarkat. Utamanya, dalam memberikan motivasi dan sosialisasi mengenai partisipasi politik perempuan di Kota Sawahlunto.

Sementara itu, Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia Sumbar, Armayeti menyampaikan bahwa  KPPI awalnya merupakan penggabungan 7 partai politik  besar di tahun 2000. Bertujuan untuk memberikan kekuatan kepada perempuan dalam mengeluarkan pendapat agar tidak terjadi diskriminasi dalam berpartai.

Muscab KPPI yang dilaskanakan di Kota Sawahlunto ini dengan tema, “Perempuan Politik Bersinergi dan Berkolaborasi Dalam Mewujudkan Demokrasi yang Jujur dan Transparan.”

Ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesa Propinsi Sumbar juga meminta, karena belum tersedianya anggaran KPPI  diminta kepada pemerintah dan DPRD kota Sawahlunto agar dapat menganggarkannya pada salah satu OPD yang melekat, di Dinas Pemberdayaan Perempuan.

Muscab KPPI Kota Sawahlunto periode 2022-2026, yang diikuti oleh 10 perwakilan partai politik,  memilih Elfia Rita Dewi SH sebagai ketua Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI) Kota Sawahlunto untuk periode 2022-2026. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *