Tabligh Akbar UAS di Talawi Kota Sawahlunto, Berjalan Lancar dan Sukses.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Tabligh akbar Prof Dr H Abdul Somad Lc (UAS) berlangsung di lapangan Talawi Kota Sawahlunto, Sumbar pada Sabtu siang (2/7). Walau diterik panas matahari, tidak menyurutkan langkah dan semangat umat untuk mendengarkan tausiyah dari ustad kondang ini. Sehingga lapangan bola kaki Talawi ini cukup sesak, dipenuhi oleh payung para pengunjung.

Hal ini sekaligus sebagai bukti bahwa, umat sangat rindu dengan siraman rohaninya. Di bawah terik matahari, tua muda masyarakat Sawahlunto tak bergeming dari tempatnya, hingga tausiyah UAS selesai.

“Kegiatan ini terlaksana, atas prakarsa BKPRMI Sawahlunto bekerja sama dengan pengusaha tambang, H Idris (PT AIC, Miyor, AMS ). Sehingga tablig akbar ini, dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujar Johan Effendi sebagai ketua panitia dalam sambutannya.

Sementara itu Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, H Zohirin Sayuti SE dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada salah seorang Ustad terbaik dan sangat dikenal di tanah air, Ustad Abdul Somad.

“Beberapa tahun lalu, Ustad Abdul Somad juga sudah pernah hadir di Kota Sawahlunto dan  hari ini, kembali hadir untuk memberikan siraman qolbu bagi kita semua, utamanya warga Sawahlunto,” ungkap Wawako  Zohirin Sayuti.

Dalam kesempatan ini, Wawako  Zohirin Sayuti juga memaparkan bahwa pembangunan pada sektor agama, merupakan salah satu yang terpenting di Sawahlunto. Hal ini dapat dilihat dari semakin bertambahnya jumlah rumah tahfizd, dalam rangka mempersiapkan generasi Qurani Sawahlunto.

“Pemerintah Kota Saat ini telah membiayai 48 rumah Tahfizd  yang ada. Semua itu dilakukan,  untuk mempersiapkan generasi Sawahlunto mendatang yang berilmu dengan pendidikan agama. Sebab seseorang dengan ilmu agamanya yang tinggi akan mampu melahirkan  pemimpin yang mengayomi serta adil dan bijaksana,”ungkap Wawako Zohirin menambahkan.

Selain itu Wawako Zohirin juga memaparkan bahwa ada reward yang diberikan oleh pemerintah kota bagi anak-anak SD yang mampu hafizd Al-Qur’an minimal 1 jusz serta bagi guru-guru agama yang tidak PNS diberikan asuransi ketenagakerjaan sehingga para guru dapat lebih  fokus dalam memberikan ilmunya.

UAS dalam ceramahnya menekankan akan pentingnya  persatuan dan kesatuan yang dibingkai dalam pedoman keagamaan. Hal ini, merupakan kunci yang kuat agar umat tetap kokoh dan kuat. Jangan mudah dipecah-belah, atas nama apapun. Mari kita rapatkan barisan melalui pelaksanaan sholat berjamaah pada setiap waktu di mesjid atau mushola yang ada,” ujar UAS dengan suara lantang.

Ustad Abdul Somad juga menyinggung tentang perihal  keberagaman yang ada di kota tambang pertama, di Indonesia ini dengan menyatunya berbagai suku dan agama dalam wadah kebersamaan di kota multi etnis Sawahlunto.

“Sawahlunto sangat luar biasa, salah satu kota terbaik di Minangkabau. Saya menyebut luar biasa karena sangat  terlihat  begitu fokusnya pemerintah kota dalam bidang keagamaan dengan menjamurnya rumah tahfizd, kesejahteraan guru agama. Hal ini, merupakan beberapa program yang dicanangkan oleh pemerintah kota dan telah menjadi rujukan bagi daerah lainnya di Indonesia,” ungkap Ustad Abdul Somad mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *