Mulai 1 Oktober 2022, BIM Kembali Layani Penerbangan Internasional Padang – Kualalumpur Malaysia

Padang Pariaman, KabarDaerah.com Setelah berhenti terbang akibat pandemi Covid-19, Bandara Internasional Minangkabau (BIM) kembali membuka jalur penerbangan Internasional dari Kualalumpur, Malaysia ke Padang, mulai 1 Oktober 2022 dengan Maskapai Air Asia.

Hari Sabtu tanggal 24 September 2022 pihak Air Asia sudah menyampaikan jadwal resmi penerbangan PDG-KUL per bulan Oktober 2022 dengan frekwensi penerbangan sebanyak 2 x per minggu.

Dalam keterangannya, jadwal penerbangan Internasional Air Asia dari Kualalumpur ke Padang (KUL-PDG) dan Padang – Kualalumpur (PDG-KUL) periode Summer 2022 pada 1-29 Oktober 2022.

Maskapai Air Asia menggunakan pesawat tipe Airbus A320 dengan nomor penerbangan AK-403 (KUL-PDG) dan AK-402 (PDG-KUL). Untuk penerbangan dari Kualalumpur, Air Asia terbang pukul 07.40 – 07.50 LT, sedangkan dari BIM ke Kualalumpur pukul 08.30 – 09.40 LT untuk penerbangan hari Selasa dan Sabtu.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II KC BIM., Siswanto mengatakan, bahwa dengan dibukanya kembali rute ini diharapkan kembali akan mendorong gairah ekonomi dan pariwisata Sumatera Barat.

Seperti yang kita ketahui, lanjut Siswanto, sebelum Pandemi Covid-19 rute KL-BIM merupakan satu satunya pintu penerbangan Internasional ke BIM.

“Dimana keterisian seat oesawat udara rute tersebut mencapai 80% minimal disetiap penerbangan, sebelumnya melayani hampir setiap hari dengan 2x penerbangan dalam satu hari,” ucap Siswanto kepada awak media, Sabtu (24/09/22).

Siswanto mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) dan seluruh pihak yang telah bersama-sama ikut mendorong dibukanya kembali rute penerbangan Internasional ini di BIM.

“Menjelang disetujuinya kembali pembukaan penerbangan Internasional oleh Kementrian Perhubungan, AP2 BIM bersama stake holder terkait telah melaksanakan simulasi untuk menyiapkan layanan yang maksimal bagi pengguna jasa bandara,” ujar Siswanto.

Dalam simulasi tersebut seluruh unsur berkolaborasi untuk memastikan semua aspek telah siap dan memenuhi standar/ketentuan yang ditetapkan. (Robbie)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *