Bawaslu Sawahlunto Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Bawaslu Sawahlunto melakukan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Tahun 2024 digelar di Hotel Cahaya Talawi, Kota Sawahlunto, Kamis (17/11/22).

Sebagai bagian dari tahapan kerja Bawaslu Kota Sawahlunto, acara sosialisasi pengawasan Pemilu partisipatif tersebut dengan melibatkan segenap unsur dari media cetak, elektronik, LSM serta Kwarcab Pramuka dan Karang Taruna se Kota Sawahlunto.

Pemateri, dari akademisi disampaikan oleh Narasumber Haldi Patra, M.Hum yang berpedoman pada beberapa daerah dengan berbagai peristiwa yang terjadi pada Pilkada tahun 2020.

Seperti di Padang/Pariaman ada sekitar 20% perantau yang ber KTP dikampung dan fisiknya dirantau, namun tidak ikut memberikan hak suara pada pilkada. Hal ini juga termasuk di Payakumbuh, Pasaman. Hal ini menyebabkan mobilisasi karena didaerah terpencil dan  menjadi salah satu indikator, turunnya partisipasi masyarakat.

Konsep Demokrasi, terdiri dari Demokratisasi dan Demokratis, yang sudah berlangsung selama 5 kali pemilu.

Pada tingkat kecerdasan masyarakat terkait dengan pendidikan, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021, pada Narasumber, rata-rata lama sekolah masyarakat Indonesia 8,54 tahun (2021), Sumbar 8,99 tahun (2021) dan Sawahlunto 10,17 sehingga sangat mudah terkena hoax, gimmick dan polarisasi.

Pada pesta demokrasi kali ini, banyak terjadi politik uang, dalam bentuk serangan fajar dan berpotensi mempengaruhi para pemilih irasional seperti pemilih pemula yanh gampang tertipu bujuk rayu.

Untuk pemilu, mengapa kita harus berpartisipasi guna untuk memastikan terlindungnya hak politik warga masyarakat dan terwujudnya pemilu yang bersih, transparan dan berintegritas. Baik dari sisi penyelenggara maupun penyelenggaraannya.

“Pemilu juga mendorong terwujudnya instrumen kepemimpinan politik dan mencegah terpilihnya calon pemimpin yang korup dan tidak amanah,” urai Haldi Patra.

Narasumber berikutnya, Revdi Iwa Syahputra (Ope), Pimred Harian Haluan Padang yang menyampaikan materi, betapa pentingnya peran media dalam menggiring  partisipatif masyarakat untuk ikut pemilu.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *