Berlangsung Meriah, Pekan Olahraga Kota Sawahlunto Resmi Dibuka Oleh Wako Deri Asta


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Pekan Olahraga Kota (Porkot) Sawahlunto Tahun 2022 berlangsung meriah dan secara resmi dibuka langsung oleh Wali Kota Sawahlunto., Deri Asta, SH di Lapangan Ombilin, Kota Sawahlunto, Sabtu (12/11/22).

Dalam Porkot 2022 yang sempat terhenti selama 2 (dua) tahun ini karena Pandemi Covid, mempertandingkan sebanyak 15 Cabang Olahraga (Cabor).

Ketua KONI Sawahlunto., Muryanto mengatakan, bahwa pada Porkot Sawahlunto 2022 ini, seluruh atlet dan offisial didaftarkan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar memperoleh perlindungan apabila mengalami kecelakaan dalam pertandingan.

“Ada yang istimewa pada Porkot 2022 ini, berupa komitmen dalam memberikan perlindungan kepada semua atlet dan offisial melalui kerja-sama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sebanyak 602 orang atlet dan offisial dalam Porkot ini, ditanggung biaya pengobatannya apabila terkena resiko kecelakaan bertanding,” ujar Muryanto.

Sebanyak 15 Cabor dipertandingkan dalam Porkot 2022 ini berupa, Tarung Derajat, Gulat, Senam, Sepakbola, Futsal, Sepak Takraw, Karate, Catur, Panjat Tebing, E-Sport, Atletik, Kempo, Bola Voli, Panahan dan Bridge.

“Porkot ini berlangsung sejak 12 sampai 15 November 2022, dengan lokasi pelaksanaan pertandingan masing-masing cabang olahraga tersebar hampir diseluruh Kecamatan,” ungkap Muryanto.

Sementara itu, Wali Kota (Wako)  Sawahlunto., Deri Asta, SH dalam sambutannya menyebutkan, bahwa  penyelenggaraan Porkot memiliki arti penting dalam mengevaluasi perkembangan latihan berbagai Cabor, terutama yang dipersiapkan menuju Pekan Olahraga Provinsi (Porprov).

“Sekaligus sebagai momen dalam memantau bibit-bibit atlet yang berpotensi untuk dibina lebih lanjut,” ujar Deri Asta.

Pemko Sawahlunto, tetap berkomitmen serta menjaga komitmen tersebut dalam bentuk perhatian dan keberpihakan kepada para atlet maupun offisialbcabang-cabang olahraga, yang dilakukan melalui dukungan pada latihan dan reward (hadiah) pada yang memperoleh juara/prestasi.

“Selain hadiah kepada atlet dan offisial berprestasi, Pemko Sawahlunto juga memberikan support (bantuan) bagi atlet/offisial yang mengikuti kejuaraan nasional seperti yang telah kita berikan saat PON XX Tahun 2021 lalu. Itu semua wujud komitmen perhatian kita untuk insan olahraga Sawahlunto,” urai Deri Asta.

Dalam pembukaan Porkot Sawahlunto Tahun 2022 ini, dihadiri langsung oleh Ketua KONI Provinsi Sumbar., Ronny Pahlawan.

Terlihat juga hadir, Wakil Wali Kota (Wawako) Sawahlunto., Zohirin Sayuti, SE, Ketua DPRD Sawahlunto., Eka Wahyu, SE serta Sekdako Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM dan jajaran Forkopimda.

Kegiatan ini, juga dihadiri oleh Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok., Maulana Anshari Siregar, Kepala Bank Nagari Cabang Sawahlunto., Rusdi, General Manager PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin (PTBO)., Yulfaizon serta sejumlah tamu dan  undangan.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *