Kapolres Sawahlunto Bersilaturahmi dengan Niniak Mamak Kenagarian Kubang


Sawahlunto, KabarDaerah.com – Kapolres Sawahlunto., AKBP Purwanto Hari Subekti, S.Sos melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) sekaligus silaturahmi dengan para pengurus Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kubang di Sekretariat KAN Kubang, Kelurahan Lubang Panjang, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Kamis siang (10/11/22).

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sawahlunto didampingi oleh Kasat Binmas., AKP Dani Salman, SH, MH, Kasat Intelkam., IPTU Anthoni Dahlan, Kasi Humas Polres Sawahlunto., IPTU Sudirman, Kapolsek Sawahlunto., IPTU Marwan, Kapolsek Barangin., IPDA Joni Indra, SH, serta KBO Sat Lantas., IPDA Wahyuli Amra, SH dan beberapa personil Polres Sawahlunto.

Kapolres Sawahkunto., AKBP Purwanto Hari Subekti dan jajarannya secara resmi disambut langsung oleh Sekretatis KAN Kubang., Mulyadi, SAp dan beberapa pengurus KAN serta Ketua Pemuda Kubang., Buya Romi.

Dalam sambutannya, Sekretaris KAN Kubang., Mulyadi, SAp menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Kapolres Sawahlunto beserta jajarannya yang telah berkesempatan berkunjung dan bersilaturahmi dengan jajaran pengurus KAN di Sekretariat KAN Kubang.

“Kedatangan Kapolres Sawahlunto beserta jajarannya ditengah kesibukan, namun masih menyempatkan waktu untuk bersilaturahmi dan berkordinasi dengan KAN Kubang. Tentunya kami sangat mengapresiasinya serta secara bersama akan mendukung berbagai langkah dan upaya dalam mewujudkan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif, khususnya di Kota Sawahlunto,” ungkap Mulyadi.

Sementara itu, Buya Romi selaku Ketua Pemuda Kubang menyampaikan permohonan maaf kepada Kapolres Sawahlunto dari Ketua KAN Kubang., Afrizal Suki Lenggang Sati yang tidak bisa hadir karena sedang ada kegiatan diluar kota.

“Sebagai perwakilan dari unsur masyarakat Kubang, kami ucapkan selamat datang dan selamat bertugas di Kota Sawahlunto kepada Kapolres. Kegiatan ini, merupakan kunjungan pertama Kapolres dengan KAN Kubang. Kami berharap, ke depan dibawah kepemimpinan Kapolres, situasi Kamtibmas di Kota Sawahlunto tetap aman dan kondusif,” ujar Buya Romi.

Sedangkan Jamhur mewakili dari unsur tokoh masyarakat Kubang mengatakan, saya sebagai pembina olahraga Paralayang di Kota Sawahlunto, pada 10 Desember 2022 nanti akan mengadakan ivent Paralayang dan Sepeda Gunung yang berlokasi di area Puncak Polan.

“Kami harapkan bantuan pengamanan, guna suksesnya kegiatan tersebut. Paralayang ini kita adakan dalam rangka memperingati perayaan HUT 134 Kota Sawahlunto,” pungkas Jamhur.

Sementara itu, Kapolres Sawahlunto., AKBP Purwanto Hari Subekti, S Sos dalam penyampainnya mengatakan, bahwa kedatangannya bersama jajaran Polres Sawahlunto dalam rangka kunjungan silahturahmi sekaligus berkordinasi guna untuk mempererat tali persaudaraan antara Polri dengan unsur niniak mamak dan pemuka masyarakat Kenagarian Kubang.

“Oleh karena itu, sangat penting menjalin silaturrahmi dan sinergitas antara tokoh adat dengan Kepolisian, dalam kaitan menjaga situasi Kamtibmas yang aman, damai dan kondusif. Utamanya, dalam menangkal masuknya paham radikal dan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila,” ujar Purwanto Hari.

Lebih lanjut, Purwanto Hari berharap akan peran serta niniak mamak dan unsur pemuda serta tokoh masyarakat, secara bersama bergandeng tangan guna mencegah terjadinya konflik sosial di dalam masyarakat. Apabila terjadi permasalahan, sedini mungkin diselesaikan dulu secara kekeluargaan melalui tokoh agama, tokoh adat dan pemuka masyarakat.

“Karena KAN sebagai lembaga peradilan adat dalam nagari berfungsi menyelesaikan masalah sengketa sako, pusako, pelanggaran adat dan pelanggaran syarak yang berisikan niniak mamak bajinih pemangku adat dari berbagai suku yang ada di Kenagarian Kubang,” ungkap Purwanto Hari.

“Dalam kesempatan ini, kami dari Polres Sawahlunto mengajak kepada para tokoh Adat, tokoh Agama serta pemuda untuk dapat berpartisipasi dalam membantu tugas kepolisian, khususnya Polres Sawahlunto dalam menciptakan keamanan, kenyamanan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat,” urai Purwanto Hari.

Purwanto Hari menambahkna, bahwa situasi Kamtibmas di Kota Sawahlunto saat ini, relatif aman dan kondusif. Namun ke depannya, apabila ada sesuatu yang ingin disampaikan terkait dengan permasalahan harkamtibmas atau hal lainnya, dapat kita diskusikan secara bersama.

“Kami dari jajaran Polres Sawahlunto selalu siap bersinergi dan membantu dalam hal pengamanan pada setiap pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta keberlanjutan program pembangunan di Kota Sawahlunto,” imbuh Purwanto Hari sambil mengakhiri.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *