Pentas Seni Budaya Batak Akan Digelar Oleh Paguyuban Dos Ni Roha Kota Sawahlunto

Sawahlunto, KabarDaerah.com – Paguyuban Parsahutaon Dos Ni Roha Kota Sawahlunto akan menggelar pentas seni dan budaya Batak pada hari Sabtu, 19 November 2022. Pagelaran seni budaya batak yang bertajuk, Semalam di Bonapasogit (semalam dikampung halaman) tersebut, akan digelar di Lapangan Segitiga Ombilin Kota Sawahlunto.

Ketua Panitia Pentas Seni Budaya Batak., S Hutagaol menyatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyambut Hari Jadi Kota (HJK) Sawahlunto ke 134 dengan menampilkan kesenian Batak.

“Penampilan tersebut akan menjadi momen penting bagi dukungan etnik Tapanuli yang ada di kota multi etnis ini, terlebih 3 (tiga) tahun terakhir ini, terkendala denga Pandemi Covid-19. Dengan menampilkan beberapa kesenian dan kebudayaan Batak. Mulai dari batak Toba, Mandailing, Karo, Dairi, Angkola dan Simalungun,” ungkap Hutagaol kepada awak media, Kamis (17/11/22).

Hutagaol yang merupakan purnawirawan TNI AD ini menambahkan, bahwa pagelaran ini didukung sepenuhnya oleh warga batak yang ada di Kota Sawahlunto dan akan diiringi oleh kesenian gondang dan tor-tor dari sanggar Dos Ni Roha serta bintang tamu dari Kota Medan, The Boys trio.

Sementara itu, Ketua Paguyuban Dos Ni Roha Sawahlunto., J Sihotang menyatakan, selain  dalam rangka menyemarakkan seni budaya menyambut HJK ini, sekaligus untuk melepas kerinduan kita terhadap kampung halaman.

Karena itu, kepada seluruh warga Batak di Sawahlunto dan sekitarnya, Sihotang berharap agar secara bersama mari kita sukseskan rangkaian acara dan kegiatan ini dengan mengajak sanak serta keluarga dan juga kepada segenap warga Kota Sawahlunto demi untuk menyemarakkan kegiatan ini.

Pembina Paguyuban Dos Ni Roha Sawahlunto., Julian Simanjuntak, SH berharap dengan pentas seni ini, akan dapat menjadi perekat persaudaraan kita dengan masyarakat Sawahlunto yang terkenal dengan multi etnis.

“Dan kita dari paguyuban batak sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah dan masyarakat Sawahlunto yang selalu memberikan perhatian yang sama dengan paguyuban lainnya,” pungkas Julian sambil mengakhiri.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *