BATAGAK Ke 3, Bukti Pramuka Dewasa Sumatera Barat Peduli Generasi

Ditulis Oleh  :  Ir Yohanes Wempi

Ketua Gugus Darma Minangakabawa

 

Hari ini, Selasa tanggal 13 Desember 2022 Lomba Tangkas Penegak (BATAGAK) Ke-3 di bumi perkemahan Minangakabawa (MiKa) untuk siswa penegak (MA, SMA, SMK) diadakan. Ini bentuk kongrit kepedulian anggota pramuka dewasa untuk memperbai aklak budi pekerti generasi sesuai dengan Pancasila.

Perlu diketahui bersama, apa yang dimaksud dengan anggota pramuka dewasa adalah anggota gerakan pramuka yang berusia 26 tahun ke atas, dan atau berusia di atas 21 tahun dengan catatan yang bersangkutan melepaskan statusnya sebagai anggota muda, karena telah menikah dan atau telah memiliki Surat Hak Bina (SHB).

Mereka yang anggota dewan bergabung dibarisan gugus darma Minangakabawa memberikan pengabdian terbaiknya untuk ranah Minangkabau ini. Keberadaan mereka dalam barisan gugus darma juga diatur dan legal secara aturan kepramukaan dan undang yang berlaku.

Perlu dipahami bahwa gugus darma ini diatur secara formal oleh keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka nomor 176 tahun 2012. Dimana pengertian gugus darma adalah satu organisasi bagi anggota dewan gerakan Pramuka sebagai wadah pengabdian untuk memajukan gerakan Pramuka.

Gugus ini bertujuan membantu mengembangkan, membesarkan, mencetak kepramukaan bersama dengan kwatir di Nusantara ini dalam bentuk sumbangan pemikiran, tenaga, material dan finansial yang diujudkan terutama dengan memfasilitasi kegiatan gugusdepan diman berada.

Gugus darma ini yang sekarang dijadikan landasan legalitas formal dari Minangakabawa menjalankan gerakan pramuka yang sudah puluhan tahun digandrungi oleh generasi muda Piaman, Minang (Sumatra Barat).

Nilai dari visi dan misi gugus darma MiKa sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Kependidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikulum wajib pada Pendidikan dasar dan menengah.

Yaitu kegiatan kepramukaan di sekolah sangat mendukung pendidikan karakter yang saat ini mengedepankan kurikulum merdeka dan assesmen nasional. Semua aktivitas kepramukaan berlandaskan dengan semangat gotong royong, tenggang rasa, toleransi dan kreativitas, sangat sejalan dengan profil belajar Pancasila.

Implementasi kurikulum merdeka memberikan ruang penguatan karakter pada kegiatan pramuka tersebut. Diataranya siswa-siswi untuk mendapatkan kenaikan kelas dan kelulusan sekolah berpatokan kepada hasil-hasil keaktifan dan penerapan nilai-nilai mereka dipramuka. Arti kata nilai pramuka menetukan kenaikan kelas dan kelulusan anak sekolah.

Lomba tangkasan penegak, beda dengan kegiatan kepramuka yang lain. Memiliki keistimewaan, nanti dalam pelaksanaan lomba akan ada penilaian yang sempurna mulai dari budi pekerti peserta, ketangkasan dalam mengarungi kehidupan dialam alam seperti nilai-nilai perjuangan kemerdekaan awal lahirnya pandu (Pramuka) dan menampilkan kemampuan anak penegak dalam adat isti adat Minang kabau.

Kesemua dari lomba tersebut juga dinilai ketaatan anak MA, SMA, SMK tersebut kepada Allah tuhan yang maha esa dengan diadakannya penilaian sholat wajib, sholat shunat dan disempurnakan dengan diwajibkan peserta melakukan sholat malam, dan baca Al Quraan.

Mari hadiri BATAGAK Ke-3 kami dan doakan acara gugus darma Minangakabawa ini sukses sampai selesai, harapan mulai hari ini pembuka sampai penutupan nanti, hari selalu cerah dan dimudahkan, capain bisa target bisa terwujud.

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *