Pondok Pesantren Nurul Yaqin Sebagai Peserta BATAGAK Ke-3, Ini Pilots Project Pramuka

Ditulis Oleh  :  Bagindo Yohanes Wempi (Ketua Gugus Darma Minangakabawa)

 

Masyarakat Sumatera Barat dipastikan mengenal Pondok Pesantren Nurul Yaqin atau disingkat PPNY adalah pondok pesantren yang berpusat di Ringan-Ringan salah satu korong di Nagari Pakandangan, Padang Pariaman. Peserta BATAGAK Ke-3 diikuti juga oleh regu pramukan putra dan putri dari pondok pesantren tersebut.

Penulis sangat banga, sebesar pondok pesantren ini juga terlibat dalam program lomba tangkas penegak ke-3 yang Kami selengarakan. Sama-sama kita ketahui, bahwa lembaga pendidikan Islam ini awal didirikan oleh Syekh Ali Imran Hasan Ringan-Ringan, ulama Syattariyah terkemuka di Sumbar.

PPNY merupakan pondok pesantren salaf terbesar di Sumatra Barat dengan cabang tersebar yang menurut orang umum tidak akan mungkin ikut acara pramuka bergabung dengan anak sekolah SMA/SMK/MAN, kenyataan pesantren jadi peserta, doakan pesantren ini mendapat juara.

Alhamdulillah acara BATAGAK Ke-3 ini niatnya memang untuk menempa dan membentuk budi pekerti baik dan aklak mulya sesuai dengan kurikulum merdeka yang ada sekarang. Sangat wajar menurut Penulis pihak pesantren ikut dalam acara ini. Pilihan yang mulya dan terima kasih untuk ikut BATAGAK Ke-3.

Tidak itu saja kebahagian dari momen acara BATAGAK Ke-3 ini. Tapi cuaca pun sangat bersahabat, kemarin, Rabu dibumi perkemahan cerah, matahari memunculkan wujudnya setelah beberapa minggu selalu hujan. Disaat pembukaan pun lokasi acara BATAGAK Ke-3 datang gerimis. Sekarang cerah, kedepan Insya Allah cerah sampai acara selesai.

Dalam beberapa kesempatan diskusi, segala pihak sangat mendukung dan apresasi terhadap acara BATAGAK Ke-3 yang memiliki nilai-nilai kebaikan seperti acara mewajibkan peserta lomba sholat dimasjid berjamaah, mewajibkan dalam acara membawa Al Quraan dan lainnya.

Tidak itu saja, peserta pun dimintak melakukan sholat malam, ibadah sholat tahajud, witir untuk kesempurnaan penempaan diri diacara lomba ini. Jika tidak ada halang melintang malam, Kamis, jam 04.00 WIB peserta akan ikut sholat malam berjamaah dengan gugus darma menghadirkan ustad atau tuangku sebagai imam dan penceramahnya.

Penulis selaku Ketua Gugus Darma Minangakabawa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak ditingkat Pemerintahan Propinsi Sumatera Barat yang telah menjadikan acara BATAGAK Ke-3 sebagai pilots projects evaluasi pelaksanaan Pramuka menuju Sumbar Madani.

Terima kasih disampaikan buat Buya Mahyeldi, Uda Audy Joinaldydan kepala kacabdin wilayah 2, teristimewa kepada Bupati Padang Pariaman yang telah hadir memberikan bantuan, memberikan kelengkapan yang menyebabkan acara BATAGAK Ke-3 makin sempurna penyelenggaraanya.

 

Editor  :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *