Apel Bulan K3 Kota Sawahlunto Ditandai Penyerahan Santunan JKM oleh BPJS Ketenagakerjaan

Sawahlunto, KabarDaerah.com – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok kembali menyerahkan santunan Jaminan Kematian (JKM) kepada keluarga peserta BPJS Ketenagakerjaan di Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini dilakukan, bertepatan dengan apel gabungan memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto., Zohirin Sayuti, SE di Lapangan Segitiga, Kota Sawahlunto, Senin (13/02/23) pagi.

Santunan JKM ini diberikan kepada keluarga almarhumah Yusanti, almarhum Andri dan Sainir.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Solok., Maulana Anshari Siregar mengatakan, bahwa untuk keluarga almarhumah Yusanti, diberikan santunan JKM sebesar Rp 42 juta, santunan Jaminan Hari Tua (JHT) sebesar Rp.18.507.280,- santunan Jaminan Pensiun (JP) berkala setiap tahun sebesar Rp.4.600.800,- dan beasiswa pendidikan anak sebesar Rp.87.000.000,-.

Sementara itu, untuk almarhum Andri merupakan pekerja rentan yang BPJS Ketenagakerjaannya dibayarkan oleh PT Allied Indo Coal (AIC) dalam program perlindungan pekerja rentan. Keluarga almarhum Andri menerima santunan JKM sebesar Rp.42.000.000,-.

Almarhum Sainir, yang juga merupakan pekerja rentan yang BPJS Ketenagakerjaannya dibayarkan oleh PT Allied Indo Coal (AIC) dalam program perlindungan pekerja rentan. Keluarga almarhum Sainir, juga menerima santunan JKM sebesar Rp.42.000.000,-.

“Dalam kesempatan penyerahan secara simbolis santunan JKM itu, kita juga menyerahkan kartu kepesertaan program perlindungan pekerja rentan kepada PT. Kharisma Karya Sejahtera,” ujar Maulana.

Dalam apel gabungan memperingati bulan K3 di Sawahlunto, Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPMTSP Naker) Kota Sawahlunto menyerahkan piagam ucapan terima kasih kepada beberapa perusahaan yang telah membantu peresmian Mall Pelayanan Publik (MPP) oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi beberapa waktu lalu.

Kepala DPMTSP Naker Sawahlunto., Dwi Darmawati menyebutkan, bahwa perusahaan yang diberikan piagam ucapan terima kasih itu antara lain, PT Bukit Asam Pertambangan Ombilin, PT AIC, PT Dasrat, PT Miyor, PT Guguak Tinggi Coal, PT Cahaya Bumi Perdana, PT PLN UPK Ombilin, CV PSPN dan CV Bara Mitra Kencana.

Dalam apel bulan K3 tahun 2023 ini, Wawako Sawahlunto., Zohirin Sayuti bertindak sebagai pembina apel dan sekaligus  membacakan sambutan dari Menteri Ketenagakerjaan RI., Ida Fauziah.

 

Reporter  :  Fidel

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *