Babinsa Parak Gadang Timur Dampingi Warga untuk Pembuatan KIA

Padang, KabarDaerah.com – Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri mendampingi warga untuk pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dengan Kasi Pemerintahan Kelurahan Parak Gadang Timur, Kecamatan Padang Timur, Selasa (14/02/23).

Danramil 02/Padang Timur., Kapten Irsyad melalui Babinsa Parak Gadang Timur., Sertu Riky Bakri mengatakan, bahwa kegiatan pembuatan KIA ini adalah program pemerintah untuk mempermudah anak masuk sekolah.

“Pembuatan kartu KIA ini diperuntukkan untuk anak berumur 5 tahun sampai umur dibawah 17 tahun,” ucap Sertu Riky Bakri.

Menurut Sertu Riky Bakri, dengan adanya KIA menunjukkan keseriusan pemerintah dalam pemenuhan hak warga Indonesia yang masih dibawah umur untuk mendaat hak pelayanan publik yang setara dengan orang dewasa.

“KIA adalah bukti identitas resmi untuk anak dibawah 17 tahun yang berlaku selayaknya KTP untuk orang dewasa pada umumnya. Kartu ini diterbitkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten/Kota, juga sama seperti KTP,” terang Sertu Riky Bakri.

Lebihlanjut Sertu Riky menyampaikan, bahwa KIA diterbitkan oleh pemerintah untuk mendorong peningkatan pendataan, perlindungan dan pelayanan publik untuk mewujudkan hak terbaik bagi anak.

“Meski masih anak-anak, hak mereka atas kesejahteraan sama dengan kita orang dewasa. Justru karena masih dalam pengawasan orang tua, hak mereka lebih istimewa,” tutup Sertu Riky Bakri.

 

Reporter  :  Muslimat

Editor       :  Robbie

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *