DAERAH  

Ikuti Rakernas Kemenag 2023, Kanwil Sumbar Siap Jalankan Amanat Menag

 

Surabaya _ Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) siap menindaklanjuti dan menjalankan arahan yang baru saja disampaikan Menteri Agama Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas pada pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kementerian Agama 2023.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumatra Barat H Helmi via handphone, sesaat setelah selesai mengikuti pembukaan Rakernas Kemenag 2023 di Surabaya, Sabtu (04/02/2023).

Kakanwil mengatakan pada kegiatan Ini, ada beberapa pesan yang ditekankan Menteri Agama H Yaqut Cholil Qoumas diantaranya Ia meminta kepada seluruh jajarannya di wilayah Indonesia tentang bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama dalam menyongsong tahun politik.

“Pesan ini sesuai dengan tema Rakernas 2023 yakni “Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat,” sebut Kakanwil.

Menteri Agama juga menyebutkan kata Kakanwil bahwa tahun 2023 telah dideklarasikan menjadi tahun kerukunan umat beragama.

“Oleh karena itu dalam menyongsong tahun politik, sebagaimana pesan Menag maka diminta seluruh jajaran Kemenag termasuk di Provinsi Sumatra Barat ikut berupaya dalam mencegah politisasi agama di rumah ibadah dan lingkungan masyarakat,” terang H Helmi.

Dengan tegas Kakanwil mengatakan hal itu sudah menjadi tugas ASN Kemenag untuk memastikan kerukunan umat tetap terjaga baik setiap saat termasuk di tahun politik ini.

Selain itu Kakanwil menyebutkan Menag juga berpesan seluruh jajaran Kemenag untuk dapat memberikan respons cepat, jelas, detail, serta tepat atas semua isu dan masalah keagamaan yang terjadi di tengah masyarakat.

“Respons cepat sangat penting karena selain dapat menenangkan publik, juga merupakan upaya untuk mengedukasi masyarakat, ” tutur Kakanwil meneruskan pesan Menag.

Lebih lanjut Kakanwil mengatakan hal lain yang juga ditekankan oleh Menag dalam Rakernas, yaitu profesionalisme ASN, komitmen anti korupsi, realisasi program prioritas, dan target 10 juta sertifikasi halal. Kepada seluruh ASN Kemenag di Sumatra Barat , H Helmi mengajak untuk menindaklanjuti amanat Menag tersebut dengan fokus bekerja serta menjadikannya prioritas dalam pelaksanaan program kerja di tahun 2023.

Acara ini dihadiri 294 peserta dari unsur Pejabat Unit Eselon I, II, III, dan IV Kemenag Pusat, Staf Ahli, Staf Khusus dan Tenaga Ahli Menag, Pimpinan PTKN, dan Kepala Kanwil Kemenag se-Indonesia.

Selain itu ikut bergabung secara daring dalam Rakernas yang akan berlangsung sampai 6 Februari 2023 ini, para Kepala Kankemenag kabupaten/kota di seluruh Indonesia. (Rilis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *