Masyarakat apresiasi pembukaan jalan bukik pulai-sungai bungin di Pessel

 

 

PESSEL, KABARDAERAH.Com — Masyarakat, Kampung Sungai Bungin, Nagari Koto Nan Duo IV Koto Hilie, Kecamatan Batang Kapas apresiasi pembukaan jalan tembus Bukik Pulai-Sungai Bungin.

perihal demikian disampaikan oleh masyarakat setempat Andi (40) Minggu 19/03 di painan yang mendukung penuh untuk pembangunan lanjutan jalan Bukik Pulai-Sungai Bungin.

“sekarang ini saja kami sudah menikmati akses yang cepat dari painan menuju sungai bungin, harga tanah atau lahan juga meningkat berkat adanya akses jalan ini, “ucapnya

Ia menambahkan, bahwasanya kondisi kampung sungai bungin yang bisa dikategorikan jauh dari jalan lintas nasional namun kaya dengan kawasan wisata.

“saya yakin, sebentar lagi kampung kami bakal banyak dikunjungi wisatawan, karena akses jalan yang cepat telah tersedia, “tutupnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat setempat Masri (53). Minggu 19/03 mengatakan bahwasanya dengan adanya pembukaan akses jalan yang dibangun oleh bupati pesisir selatan dari bukik pulai menuju sungai bungin sangat memberikan manfaat bagi masyarakat.

“karena kalau lewat jalan tembus bukik pulai-sungai bungin ini jarak dekat waktu tempuh cepat, pemandangan juga luar biasa, “tuturnya.

Tidak hanya itu, untuk sektor pertanian dan perkebunan juga memberikan dampak luar biasa dimana masyarakat tidak lagi merogeh gocek yang tinggi untuk mendistribusikan hasil panen perkebunan seperti getah gambir, durian hingga kopi.

“jadi multi fungsi jalan ini, disamping akses yang cepat menuju sungai bungin yang cepat, pertanian, perkebunan hingga wisata, “cetusnya.

Ia menambahkan, sungai bungi merupakan kampung yang berada disepanjang pantai dan memiliki banyak destinasi wisata keluarga mulai dari banyaknya karang, ikan hingga ombak yang kecil.

Sehingga mampu memukau mata pengunjung atau wisatawan ke sungai bungin, dengan adanya pembukaan jalan tembus tersebut, maka ia bersama masyarakat lainnya optimis akan banyak menerima kunjungan.

“kalau wisatawan banyak masuk, maka akan terjadi transaksi jual beli, artinya ekonomi masyarakat kami akan mengalami peningkatan, “tutupnya

Kesempatan lainnya, ditemui beberapa waktu lalu diruangan kerjanya, Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pesisir Selatan. Mulyandri mengatakan bahwasanya, kegiatan pembukaan jalan bukik pulai-sungai bungin itu dikerjakan pada tahun anggaran 2022 silam

Dan ditujukan selain memberikan akses yang cepat kepada masyarakat dan pengunjung yang ingin berwisata ke sungai bungin, namun juga dijadikan sebagai alternatif untuk sektor perkebunan.

“komitment bupati adalah menjadikan sungai bungin sebagai salah satu kawasan wisata bahari dan edukasi, maka itu kita selesaikan dulu akses menuju kesana (sungai bungin-red), “terangnya.

adapun untuk kelanjutan pembangunan akses jalan tersebut, pihaknya akan mengupayakan melakukan pengaspalan namun tergantung dari ketersediaan anggaran.

“jikalau memadai, tahun ini kita lakukan, tapi kalau tidak maka tahun berikutnya kita prioritaskan, dengan dibangunnya akses jalan itu maka akan mengurangi jarak tempuh sekitar 16 kilometer dari jalan lintas sumatera menjadi jarak tempuh sekitar 2,5 kilometer saja, “tutupnya.

Reporter: Efrizal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *