UNP Buka Prodi Kedokteran Hewan di Sijunjung

SIJUNJUNG,KABARDAEARAH.COM- Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Sijunjung, sebentar lagi Universitas Negeri Padang (UNP) akan membuka Program Studi (Prodi) Kedokteran Hewan yang pertama di Sumatera Barat yang dibangun di Sijunjung.

Hal ini disampaikan langsung oleh Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung perkuliahan UNP Kampus Sijunjung bersama Bupati dan Wabup Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si dan H. Iraddatillah, S.Pt, Sabtu (15/07).

Prof. Ganefri mengatakan bahwa pembukaan Prodi Kedokteran Hewan ini yang paling sulit adalah menyediakan tenaga pengajar atau dosennya, karena persyaratan – persyaratan membuka prodi itu harus memenuhi standar kualifikasi akademik serta sarana dan prasarana pendukungnya termasuk juga harus ada rumah sakit hewan atau klinik hewan yang mendukung.

“Alhamdulillah ini sudah diproses dan dalam waktu dekat ini akan segera kita lakukan penandatanganan bersama dengan seluruh rumah sakit klinik hewan yang ada di Sumatera Barat ini. Dekan FMIPA saat ini terus berupaya, karena kita target kalau memang memungkinkan jumlah dosennya memadai/cukup, kita akan langsung proses di senat akademi universitas, kita akan ajukan persyaratan akreditasi minimalnya dan insyaallah kita akan membuka pada smester tahun ini,” ujar Prof. Ganefri.

Ia juga menyampaikan bahwa pendirian prodi kedokteran hewan ini yang pertama di Sumatera Barat. “Tentu dengan dibuka nya prodi kedokteran hewan di Sijunjung, ini akan menjadi destinasi bagi masyarakat di luar Sumbar maupun di dalam Sumbar sendiri sehingga kita berharap dengan dukungan dari Bupati dan Wakil Bupati melalui visinya yaitu memajukan pendidikan di Kabupaten Sijunjung ini akan membantu peningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Sijunjung,” harapnya.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, S.STP, M.Si mengucapkan terima kasih kepada UNP yang terus membantu dalam membangun pendidikan di Kabupaten Sijunjung bahkan Ia juga mendorong percepatan pembukaan Prodi ini yang menurutnya akan sangat bermanfaat bagi masyarakat utamanya dalam pengembangan sektor peternakan yang merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah ini.

“Saat ini kita sudah menggratiskan biaya pendidikan sampai SMA di Kabupaten Sijunjung. Dengan berdirinya kampus UNP yang merupakan kampus Negeri yang pertama di Kabupaten Sijunjung ini, kita harapkan anak anak kita yang ingin melanjutkan ke tingkat perkuliahan tidak susah susah lagi mengeluarkan biaya yang cukup besar untuk berkuliah ke luar daerah karena saat ini telah berdiri kampus besar di Sijunjung bahkan sebentar lagi juga akan ada Prodi Kedokteran hewan,” ujar Benny.

“Oleh karena itu sekali lagi kami mengucapkan terima kasih kepada UNP yang telah membantu pendidikan di Kabupaten Sijunjung ini, semoga dengan berdirinya Kampus ini akan meningkatkan IPM di Kabupaten Sijunjung,” harapnya. (Rel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *