Safari Ramadhan di Pasaman, Gubernur Mahyeldi Imbau Pemuda Senantiasa Memakmurkan Masjid

 

*Safari Ramadhan di Pasaman, Gubernur Mahyeldi Imbau Pemuda Senantiasa Memakmurkan Masjid*

PASAMAN — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah melakukan rangkaian safari Ramadhan di Masjid Raya Baiturrahman, Jorong I Sungai Pandahan, Kenagarian Sundata, Lubuk Sikaping, Kabupaten Pasaman, Jumat (15/3/2024). Dalam kesempatan itu, Gubernur juga mengukuhkan Remaja Masjid Baiturrahman, dan mengimbau para pemuda untuk senantiasa memakmurkan masjid.

“Hari ini kami dalam rombongan Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemprov Sumbar, bersyukur dapat mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman ini, dapat menunaikan Shalat Isya berjemaah, tarawih berjamaah, mendengar tausiyah, dan yang lebih istimewa lagi kita mengukuhkan remaja masjid,” kata Gubernur Mahyeldi.

Gubernur menilai, pemuda harus disiapkan sebagai pemimpin masa depan, yang memiliki ilmu pengetahuan serta keimanan yang kuat. Maka oleh sebab itu, aktivitas remaja masjid akan menjadi wadah untuk pengembangan ilmu, kepemimpinan, serta peningkatan keimanan generasi masa depan bangsa.

Gubernur juga berharap, agar masyarakat terus meningkatkan kepedulian pada pembangunan generasi muda. Sebab, kepedulian pada generasi muda sama halnya peduli kepada bangsa dan negara. Selain itu, kepedulian kepada pemuda juga bagian dari pengaplikasian dari filosofi Adat Basandi Syarak – Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Pemprov Sumbar juga sangat concern dengan pembangunan pemuda. Terlihat dari anggaran hingga Rp2,6 triliun yang digelontorkan melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar,” ucap Gubernur lagi.

Selain itu, Gubernur Mahyeldi juga mengatakan khusus di bulan Ramadhan para siswa-siswi di Sumbar pindah belajar ke masjid-masjid dalam wadah Pesantren Ramadhan. Kemudian setelah ramadhan sekali sebulan wirid remaja, juga dilakukan di berbagai masjid yang ada di Sumbar.

“Maka dari itu mari kita sukseskan kegiatan-kegiatan tersebut. Dukungan orang tua, masyarakat, pemerintah, dan semua pihak sabgat diperlukan agar generasi muda kita kelak menjadi lebih baik daripada generasi sebelumnya,” harapnya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Mahyeldi juga menyalurkan bantuan hibah dari Pemprov Sumbar untuk pengembangan pemuda dan pembangunan Masjid Raya Baiturrahman senilai Rp50 juta, Dinas BMCKTR Sumbar Rp2 juta, ditambah dengan bantuan dari Bank Nagari Rp5 juta, dan Jamkrida Sumbar Rp5 juta, Serta bantuan Al-Quran dari Kanwil Kemenag Sumbar, DPMD Sumbar, Biro Kesra Sumbar serta KPID Sumbar.

Atas bantuan yang diserahkan tersebut, Wali Nagari Sundata, Masdiman, yang juga Ketua Masjid Baiturrahman mengucapakan atas bantuan yang diberikan dari Pemprov Sumbar. Dirinya berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk kemakmuran Masjid Raya Baiturrahman dan juga masyarakat.

“Alhamdulillah saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Gubernur dan rombongan yang sudah hadir ke Masjid kami sekaligus memberikan bantuan. Syukur Alhamdulillah bantuan ini nanti akan kita pergunakan untuk membantu kebutuhan jemaah kita, dan akan kami pergunakan untuk menambah unit WC, yang saat ini masih kurang, agar jemaah tidak harus menunggu antrean yang lama,” kata Masdiman. (adpsb/cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *