Sekdako Sawahlunto, Meninjau Langsung Dampak Longsor Abu PLTU

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM bersama Wakil Ketua DPRD, Jaswandi SE serta Camat Talawi mendatangi  lokasi banjir lumpur, di Dusun Ibus,  Desa Salak,  Kecamatan Talawi.
Peninjauan ini, untuk melihat langsung warga yang terdampak longsor akibat hujan deras pada Rabu malam (8/5) dini hari.

Akibat peristiwa itu,  beberapa rumah warga masyarakat jebol dan dimasuki oleh banjir lumpur.

Beberapa tumpukan dari  abu buangan PLTU Sijantang  yang ada di ketinggian  Dusun Ibus, longsor menimpa rumah warga setempat.

Akibatnya, beberapa  peralatan rumah tangga seperti Kulkas,  Lemari dan Kursi menjadi rusak atau tak bisa digunakan lagi.

Bahkan  puluhan petak sawah, milik warga masyarakat  yang sudah ditanam, tentunya tak dapat lagi  diharapkan untuk panen.

Bahkan  beberapa kolam yang baru saja diisi ikan oleh warga, terlihat sudah  dipenuhi oleh longsoran  lumpur abu.

Untuk itu, warga Dusun Ibus, Desa Salak,  Kecamatan Talawi  meminta pertanggung-jawaban dari pihak PLTU Sijantang sebagai pemilik abu yang longsor ke rumah warga.

Sekdako Sawahlunto, usai melihat langsung lokasi longsor, menyempatkan diri untuk berbincang dengan  masyarakat terdampak.

Warga masyarakat menginginkan ke depannya,   pembuangan abu di Guguak Tinggi, dapat dihentikan.

Sementara itu, setelah melihat langsung, Sekdako  Ambun Kadri  berjanji akan  memanggil pihak PLTU Sijantang dan  membicarakan berbagai hal yang dikeluhkan oleh warga setempat. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *