Koramil 05/Harau Dan BPBD Kabupaten Limapuluh Kota Lakukan Persiapan Penanaman Vetiver Di Kelok Sembilan

LIMAPULUH KOTA, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Sepanjang sisi jalan Sumbar-Riau didekat Fly Over Kelok Sembilan di Nagari Persiapan Ulu Aia Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota, sering terjadi longsor, apalagi dalam musim penghujan seperti sekarang ini.

Oleh karena itu Danramil 05/Harau Mayor Inf Sukiran didampingi oleh Babinsa Sertu Jafriman Sutan Mudo dan Serda Yayan. K serta melibatkan Kabid BPBD Kabupaten Limapuluh Kota beserta enam orang anggotanya membersihkan lokasi longsor di jalan lintas Sumbar-Riau tersebut, Rabu (19/2).

Pembersihan dilakukan untuk ditanami Vetiver, tanaman sejenis rumputan yang dikenal denga Serai Akar Wangi, seperti yang diketahui tananman tersebut dapat mencegah terjadinya longsor karena akarnya dapat mencapai kurang lebih 5 meter dikedalam tanah.

Serai Akar Wangi atau Vetiver mampu menahan tanah supaya tidak longsor, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, S.A.P memerintahkan Danramil 05/Harau untuk menanam Serai Akar Wangi di wilayah Koramil 05/Harau, termasuk Nagari Persiapan Hulu Aia.

Direncanakan lokasi tersebut akan ditanam Serai Akar Wangi pada hari Jum’at tangal 21 February 2020, karena dilokasi tersebut serting terjadi longsor.

Salam Teritorial

Bersama Rakyat TNI Kuat. (Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *