Kembali Tegaskan Komitmen pada Dunia Pertanian, Gubernur Mahyeldi Salurkan Bantuan Ayam KUB di Pasaman Barat

*Kembali Tegaskan Komitmen pada Dunia Pertanian, Gubernur Mahyeldi Salurkan Bantuan Ayam KUB di Pasaman Barat.

 

PASAMAN BARAT–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah terus menegaskan komitmen Pemprov Sumbar di bidang pertanian dalam artian yang luas, meliputi peternakan, perikanan, dan kehutanan. Komitmen itu kembali ditunjukkan dengan menyerahkan bantuan ternak Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) untuk Kelompok Tani (Keltan) SPR Rukun Basamo, Jorong Padang Laweh, Nagari Kapa, Luhan Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Selasa (30/4/2024).

 

“Untuk peningkatan populasi dan produktivitas ternak di Sumbar, Alhamdulillah hari ini kita hadir memberikan bantuan Ayam KUB bagi peternak di Pasaman Barat. Total ada 23 kelompok yang akan kita beri bantuan secara bertahap,” kata Gubernur saat dalam kesempatan tersebut.

 

Untuk tahap pengadaan pertama kali ini, sambung Gubernur, bantuan Ayam KUB diserahkan kepada 11 kelompok tani beserta paket multivitamin dan obat-obatan untuk ternak ayam senilai total Rp959.404.600. Kemudian pada tahap pengadaan selanjutnya, akan diserahkan bantuan kepada 12 kelompok lainnya dengan nilai Rp1.753.486.802.

 

“Tentunya kita berharap, dengan adanya anggaran dan kegiatan penyaluran bantuan ini, maka ke depan akan meningkatkan kemampuan masyarakat di Kabupaten Pasaman Barat dalam pengembangan usaha produktif berbasis sumber daya lokal,” ujar Gubernur lagi.

 

Selian itu, Gubernur juga menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama dari penyaluran bantuan tersebut adalah terjadinya peningkatan asupan gizi sekaligus peningkatan pendapatan keluarga di Kabupaten Pasbar. Di samping juga bertujuan untuk menurunkan tingkat kerawanan pangan dan gizi di tengah masyarakat.

 

Di sisi lain, Bupati Pasbar, Hamsuardi mengucapkan terima kasih dan menyambut baik bantuan yang diberikan Pemprov Sumbar dalam rangka untuk membina masyarakat Pasaman Barat. “Atas nama Pemkab Pasaman Barat, saya mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubernur bersama jajaran, yang telah begitu besar memperhatikan masyarakat kita,” ucap Hamsuardi.

 

Turut hadir dalam acara penyaluran bantuan tersebut, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar, Sukarli; Kepala Dinas Perkebunan Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumbar, Febrina Tri Susila Putri; Kepala Bappeda Sumbar, Medi Iswandi; Dinas Pangan Sumbar, Syaiful Bahri; Camat Luhan Nan Duo; Wali Nagari Kapa, serta para anggota Kelompok Tani. (adpsb/cen)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *