Beranda DAERAH KAB. DHARMASRAYA Bupati Dharmasraya Tekankan, Jaga Ketertiban Dan Keamanan Selama Ramadhan

Bupati Dharmasraya Tekankan, Jaga Ketertiban Dan Keamanan Selama Ramadhan

5

Dharmasraya, kabardaerah.com – Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat Sutan Riska Tuanku Kerajaan, menyebutkan tentang menjaga ketertiban dan keamanan selama Ramadhan manjadi tanggungjawab pemerintah, polri, dan masyarakat.

“Menjaga keamanan dan ketertiban itu menjadi tanggungjawab bersama, mari jaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” katanya dalam Rapat Koordinasi penyelenggaraan pemerintah dan persiapan menyambut Ramadhan 1439 Hijriah, di Pulau Punjung, Senin.

Ia mengajak masyarakat mengaktifkan kegiatan siskamling serta meningkatkan koordinasi dengan aparat keamanan untuk meminimalisasi setiap adanya gerakan mencurigakan.

Ia meminta Dinas Satpol PP giat melakukan patroli selama Ramadhan, menekankan kepada Dinas Kesehatan dan perangkat daerah melakukan pengawasan pusat-pusat pabukoan.

“Guna mewaspadai makanan dan minuman yang mengandung bahan berbahaya, yang berkemungkinan banyak beredar saat Ramadhan,” ujarnya.

Di samping itu, kata dia menekankan kepada perangkat daerah untuk melakukan percepatan pelaksanaan pembangunan mengingat saat ini sudah memasuki pertengahan tahun anggaran 2018

“Jika ditemui permasalahan dalam pelaksanaan kegiatan, segera carikan solusinya. Jangan sampai pekerjaan menumpuk di akhir tahun atau tidak tuntas 100 persen,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, ia juga menyampaikan sejumlah agenda pemerintahan selama bulan Ramadhan, seperti kegiatan Safari Ramadhan.

“Kepada pejabat yang ditugaskan, sampaikan program-program pemerintah dan serap aspirasi masyarakat. Lalu, bantuan untuk Masjid yang akan dikunjungi agar disiapkan,” ujarnya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah setempat, Syaffarudin, menambahkan pemerintah setempat pada 2018 bentuk 13 tim Safari Ramadhan untuk mengunjungi 52 masjid di 52 nagari dan 11 Kecamatan di daerah itu.

Tim safari Ramadhan dijadwalkan turun serentak pada minggu pertama untuk menyampaikan pesan-pesan pembangunan daerah kapada masyarakat, kata dia. **

 

Antara Sumbar