Beranda DAERAH KAB. DHARMASRAYA Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Lembaga Adat Diminta Terus Menjaga Nilai Budaya

Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Lembaga Adat Diminta Terus Menjaga Nilai Budaya

5

Dhamasraya, kabardaerah.com – Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar), Sutan Riska Tuanku Kerajaan berharap lembaga adat dapat menjaga kelestarian nilai-nilai adat dan budaya agar tetap teringat di tengah masyarakat.

“Dalam hal ini ninik mamak (pemangku adat) melalui LKAAM menempati posisi strategis dalam memperhatikan nilai adat dan budaya dalam kehidupan masyarakat kita, terlebih adat Minangkabau yang sarat makna,” katanya di Pulau Punjung, Selasa.

Hal itu disampaikan dalam pelantikan Pengurus Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Kabupaten Dharmasraya masa kerja 2018-2023, yang dihadiri Ketua LKAAM Sumbar, M Sayuti.

Dirinya menuturkan bahwa LKAAM sebagai lembaga adat harus mampu menjalankan tugas dan fungsinya di tengah-tengah masyarakat dengan baik, dengan memelihara adat istiadat dan budaya serta menjadi mitra bagi pemerintah dalam pembangunan.

Menurutnya peran ninik mamak dalam suatu kaum adat harus dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman saat ini agar mampu memahami kondisi lingkungan yang terus terbawa pengaruh global.

“Kami ingin para anak kepenakan (anak-keponakan) dan mamak (paman) kembali mengingat pituah (nasihat) Minang yang mengatakan bahwa kamanakan barajo ka mamak, mamak barajo ka pangulu, pangulu barajo ka nan bana, bana barajo ka mufakat, yang maksudnya suatu kebenaran tidak dapat disanggah lagi,” ujarnya.

Pemkab Dharmasraya siap memfasilitasi dan memberikan dukungan kepada LKAAM Dharmasraya untuk menjalankan tugas dan fungsi organisasi, tambah dia.

Sementara, Ketua LKAAM Sumatera Barat, M Sayuti meminta pengurus segera merumuskan kebijakan nyata untuk penyempurnaan organisasi guna diimplementasikan dalam program kerja lima tahun ke depan.

“Sehingga terjalin komunikasi yang efektif antar pengurus untuk mewujudkan organisasi yang solid dan mampu menjadi pengayom bagi seluruh pemangku adat di Dharmasraya,” katanya.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan pemasangan kalung sangsako kehormatan LKAAM Sumbar oleh Ketua LKAAM M Sayuti kepada Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.

 

antarasumbar