Beranda DAERAH Yunisra Syahiran Resmi Dilantik Jadi Bunda Literasi Pasbar

Yunisra Syahiran Resmi Dilantik Jadi Bunda Literasi Pasbar

31

Pasbar — Kemampuan yang dimiliki oleh Ketua TP. PKK Pasaman Barat (Pasbar), Yunisra Syahiran dalam melayani, membina, mengayomi dan memotivasi masyarakat melalui berbagai program pemerintahan membuatnya layak untuk dijadikan sebagai Bunda Literasi Pasbar.

Sepak terjangnya dalam menyukseskan program pemerintah ditengah masyarakat sudah tidak diragukan lagi. Hal itu terbukti dari berbagai penghargaan tingkat nasional yang berhasil diraihnya, seperti Manggala Karya Kencana yang merupakan penghargaan tertinggi dari BKKBN.

Manggala Karya Kencana berhasil diraihnya berkat tingginya tingkat kepedulian Yunisra terhadap pencanangan program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB) yang diprogramkan oleh pemerintah pusat.

Dilain hal, gerakan literasi di Pasbar membutuhkan sokongan dari orang berpengaruh seperti Yunisra Syahiran. Ditangannya diharapkan berbagai upaya dalam mencerdaskan kehidupan masyarakat dapat terlaksana dengan baik, seperti Gerakan Literasi sebagai upaya mencerdaskan anak bangsa, melalui peningkatan minat dan budaya membaca lewat perpustakaan yang berbasis teknologi.

Ketua TP. PKK Pasaman Barat (Pasbar), Yunisra Syahiran dilantik menjadi Bunda Literasi

Bupati Pasbar, H. Syahiran, Kamis (9/8) resmi melantik Yunisra Syahiran menjadi Bunda Literasi Pasbar di Aula Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pasbar. Dengan dilantiknya Bunda Literasi diharapkan mampu membawa pengaruh baik bagi perkembangan literasi di Pasbar, serta mencerdaskan kehidupan masyarakat.

“Gerakan literasi mulai marak sebagai pendorong dalam meningkatkan minat dan budaya membaca. Begitu juga halnya di Pasbar, dengan telah dilantiknya bunda literasi, kita berharap ini menjadi upaya nyata dalam meningkatkan minat baca masyarakat,” katanya.

Melalui Bunda Literasi, diteruskannya, diharapkan juga dapat membantu Pemerintah Daerah (Pemda) dalam penyelenggaraan kegiatan literasi dan pemasyarakatan minat baca.

Selanjutnya, Bunda Literasi juga harus dapat mesosialisasikan program literasi kepada masyarakat, memberdayakan PKK kecamatan dan nagari dalam hal pembinaan perpustakaan, mensinergikan kegiatan literasi dengan lembaga lainnya dan membentuk kelembagaan Bunda Literasi.

Bunda Literasi Pasbar, Yunisra Syahiran dalam kepada wartawan mengatakan, bahwa dilantiknya sebagai bunda literasi merupakan amanah yang harus dijalankannya dengan baik dan dijalankan seoptimal mungkin.

“Gerakan literasi harus kita sukseskan. Selanjutnya akan kita bentuk kepengurusan. Semoga hari ini menjadi awal yang baik bagi perkembangan literasi di Pasbar,” ujarnya. (Rel/irf)