Sejak Covid 19, Kasus Kecelakaan di Wilkum Polres Pariaman Menurun, Angka Kematin Naik

PARIAMAN — Kasus kecelakaan yang terjadi diwilayah hukum Polres Pariaman sepanjang januari hingga pertengahan desember 2020 menurun.

Kanit Laka Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Pariaman Ipda. Afrizal Sahar menyebutkan bahwa kasus kecelakaan tahun 2020 ini mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun 2019 lalu.
Jika tahun 2019 lalu tercatat ada 160 kasus kecelakaan yang terjadi, luka berat  10, luka ringan 252 kasus, meninggal 20 orang dan kerugian 400 juta. Sementara pada tahun 2020 ini hanya 115 kasus kecelakaan saja dan meninggal 23 orang.

“Benar, dampak dari Covid 19, telah terjadi penurunan kasus kecelakaan diwilayah hukum Polres Pariaman 2020,” ungkap Afrizal Sahar di Kantor Satlantas Polres Pariaman, Rabu (16/12).

Lebih jauh Afrizal Sahar menyebutkan, meski kasus kecelakaan menurun diwilayah hukum Polres Pariaman namun angka kematian meningkat. Tercatat dari data Laka Lantas Polres Pariaman dari 115 kasus kecelakaan yang terjadi 23 orang diantaranya korban meninggal dunia, sementara ditahun 2019 ada 20 orang yang meninggal dunia.

“Korban yang meninggal dunia merupakan usia produktif yakni 17 tahun ke atas,” sebutnya.

Meningkatnya korban kecelakaan yang meninggal, sambung Ipda Afrizal Sahar, akibat human interest atau kelalaian dari pengendara itu sendiri, artinya masih banyak pengendara yang belum mematuhi aturan berlalulintas.

“Wilayah hukum Polres Pariaman itu ada dua daerah yakni Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman, dan dari dua wilayah itu kasus kecelakaan yang terbanyak terjadi yakni wilayah Padang Pariaman,” jelasnya.

Kedepan Satuan Lalu Lintas Polres Pariaman akan terus melakukan upaya bagaimana kasus kecelakaan di daerah itu terus menurun, seperti sosialisasi, himbauan ataupun penindakan. Namun yang terpenting bagaimana masyarakat untuk selalu mentaati aturan berlalulintas dengan melengkapi surat-surat kendaraan, pakai helm dan tidak ugal-ugalan. (Syh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *