Berkaitan Dengan Ekonomi Kerakyatan, OPD Harus secepatnya Mengambil langkah dan Koordinasi.

Walikota Sawahlunto, dalam hal ini Pemko Sawahlunto pada tahun 2021, berharap dan mengharuskan untuk segera melakukan langkah langkah koordinsi antar dinas terkait, guna bisa secepatnya bangkit untuk perbaikan ekonomi masyarakat Kota Sawahlunto.

“Hal ini merupakan evaluasi pada seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemko Sawahlunto, agar segera melakukan langkah langkah inovatif dan menyeluruh guna memprioritaskan kebijakan serta kinerja untuk menumbuh-kembangkan ekonomi produktif masyarakat, terutama ekonomi pada sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM),” secara tersirat demikian yang disampaikan oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH saat melantik beberapa pejabat, pada awal tahun atau tepatnya Selasa (5/1) di Hall PTBA Kota Sawahlunto, Sumbar.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH sangat menekankan kepada beberapa hal. Antara lain, “kita akan terus memantau sejauh mana kecerdasan dari pemahaman masing-masing OPD untuk selanjutnya bergerak guna menerjemahkan visi-misi dan RPJMD Kota Sawahlunto,” pungkas Deri Asta mengingatkan dengan tegas.

Artinya, semua OPD yang utamanya berkaitan erat dengan ekonomi kerakyatan dan UMKM harus sesegeranya mengambil langkah langkah koordinasi dan bersinergi untuk menggerakan ekonomi kerakyatan.

Guna menggerakan ekonomi, seperti dalam hal pertanian bawang merah, saat ini sudah ada dua (2) desa yang melakukan panen (Kubang Tangah dan Kolok Mudiak). Kita ketahui sebelumnya, panen bawang merah juga telah dilakukan (10/1) di Desa Kubang Tangah, Kec Lembah Segar, Kota Sawahlunto. Dan panen bawang merah saat ini, Selasa (19/1) dilakukan di Desa Kolok Mudiak, Kec Barangin, Kota Sawahlunto.

Kelompok Tani Jaya Makmur, beranggotakan 17 orang dengan anggotanya tidak saja kaum pria tetapi 9 orang diantaranya, merupakan kaum ibu. Lahan yang terletak di Dusun Tanjung Medan ini dengan jangka waktu masa panen, selama 70 hari. Para petani, mendapat hasil panen perdananya kurang lebih 800 Kg dari luas lahan 1.000 meter2. Panen ini merupakan hasil dari lahan yang dikelola oleh Kelompok Tani di Dusun Tanjuang Medan, Desa Kolok Mudiak, Kec Barangin Kota Sawahlunto.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *