Kejorongan Nagari Kuamang Alai Dimekarkan Menjadi Lima Wilayah Kejorongan

PASAMANBARAT,KABARDAERAH.COM-Wilayah Kejorongan Nagari Kuamang Alai Ujung Gading, Kecamatan Lembah Melintang resmi dibentuk menjadi lima wilayah kejorongan, diantaranya Jorong Kuamang, Jorong Kuamang Timur, Jorong Kuamang Barat, Jorong Lubuk Alai dan Jorong Lubuk Alai Selatan. Peresmian wilayah kejorongan tersebut dilakukan oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi, pada Jumat (29/12) di Gedung Pertemuan Kuamang Ujung Gading.

Dalam sambutannya, Bupati Hamsuardi menyebutkan akhir tahun 2023 ini Pemerintah Daerah disibukkan dengan pembentukan wilayah kejorongan di Pasbar. Pemetaan jorong merupakan visi misinya sewaktu menjadi calon pemimpin Pasbar. Pemekaran bertujuan untuk mendekatkan pelayanan dan tidak memecah adat-istiadat dan kebiasaan baik yang turun-temurun telah terbentuk.

“Setelah pemekaran, akan diangkat jorong sementara. Mari musyawarahkan segera sehingga memudahkan urusan masyarakat Nagari Kuamang Alai secara merata. Inilah tujuan dan harapan kita bersama. Untuk itu kepada jorong terpilih nantinya, banyak hal yang harus diselesaikan sebab jorong adalah ujung tombak mengurusi segala permasalahan didalam masyarakat,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia juga meminta masyarakat Kuamang Alai Ujung Gading untuk menyukseskan program unggulan di segala bidang. Seperti halnya di bidang pendidikan, Pemda Pasbar telah menerapkan bebas pungutan sekolah ditingkat SD dan SMP. Pemerintahan nagari hingga calon jorong nantinya harus peka mengurus persoalan anak yang tidak sekolah karena masih ada pungutan di sekolah-sekolah. Program unggulan lainnya seperti Magrib Mengaji dan Tahfidz Alquran juga perlu perhatian semua pihak dalam penerapannya.

Di samping itu, Tokoh Masyarakat Kuamang Alai Ujung Gading Hasbi Sani mengucapkan selamat datang kepada Bupati Hamsuardi beserta rombongan. Pemekaran Kuamang Alai Ujung Gading, sebutnya sudah menjadi 5 kejorongan. Ia berharap, seiring dengan pemekaran itu masyarakat Kuamang Alai juga antusias dan semangat menyongsong tahun baru dengan formasi yang baru.(D/W)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *