Beranda DAERAH KAB. KEP. MENTAWAI Sabagai Percontohan Bagi Petani, DKPP Mentawai Akan Buat Demplot Tanam Padi Modern

Sabagai Percontohan Bagi Petani, DKPP Mentawai Akan Buat Demplot Tanam Padi Modern

17

Mentawai, kabardaerah.com – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama petani Desa Sidomakmur Kecamatan Sipora Utara membuat demonstrasi plot (demplot) tanam padi modern atau sistem sejajar legowo yang didampingi Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Barat, Saman, Kamis (5/4).

Menurut Saman, pembuatan demplot untuk percontohan bagi petani di Dusun Makoddiai Desa Sidomakmur. “Kita di sini untuk membuat demplot kepada masyarakat, agar hasil panennya bisa memuaskan, seperti yang kita lihat, ini yang ditanam masyarakat kita ini masih sangat sederhana dan berantakan,” kata Saman saat memberi pengarahan ke petani.

Melalui tanam sistem demplot legowo, petani dicontohkankan bagaimana bertanam padi dengan memberikan jarak yang cukup, tidak terlalu rapat yaitu ada ruang kosong 50 cm setiap penanaman padi.

“Kita lakukan ini agar bibit yang ditanam itu tumbuh lebih rumpun, karena memiliki ruang atau jarak, biasanya masyarakat asal tanam saja, tidak menentu susunannya seperti apa bentuknya yang penting ditanam ke tanah,” jelas Saman.

Rencananya sawah yang ada di kawasan Dusun Makoddiai akan dijadikan lahan percontohan atau demplot oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Mentawai bersama Disperta Sumbar seluas 4 hektar, sehingga petani bisa melihat bagaimana hasil penanaman sistem demplot tersebut.

“Untuk pelaksanaan lahan percontohan ini akan kita lakukan pada pertengahan April ini dan rencananya bulan Mei sudah siap,” jelas Novriadi, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Mentawai kepada Mentawaikita.com pada kesempatan sama.

Selain itu pemerintah juga akan memberikan sejumlah bantuan seperti racun hama dan beberapa pupuk untuk membantu petani. Saman berharap petani bisa menghasilkan padi lebih banyak dan memuaskan, petani pun lebih meningkatkan cara tanamnya.

 

Mentawaikita