Beranda DAERAH Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah Gelar Wisuda Angkatan XIV

Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah Gelar Wisuda Angkatan XIV

77

Sumbar.Kabardaerah.com— Pasbar, Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah melepas santrinya dalam acara Wisuda Santri Angkatan XIV di Halaman Pasantren Modern Adlaniyah, Jalan Tampus, Nagari Persiapan Tampus Damai, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar). Minggu, (6/5).

Acara ini dihadiri Ketua Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah, Muhammad Umar, SE, yang juga Anggota DPRD Pasaman Barat dari Fraksi Partai PPP, Kasi Penmad Kemenag Pasaman Barat, H.Syawal Suro, Pimpinan Pondok Pesantren, Ust.Mustaqim, S. Pd.I, Kepala Madrasah Aliyah Swasta, Ust.Supriadi Rasyid, S.Th.i, M.A, Kepala Madrasah Tsanawiyah Adlaniyah, Ust.Salamat, S.Pd.i, M.Pd, Sekretaris Camat Lembah Melintang, Sahrimar, SE, MH, Wali Nagari, Kepala Jorong, Ninik Mamak, Wali santri, Alumni dan para santri, serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah, Muhammad Umar, SE, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa ia sangat kagum dan berterima kasih kepada para alumni, yang telah turut serta memeriahkan dan menyukseskan acara ini, serta telah mendekorasi tempat acara hingga terlihat indah.

“Umar mengucapkan selamat kepada santri yang di wisuda, semoga ilmu yang didapat bisa menjadi pedoman hidup dan bermanfaat dikemudian hari. “Ia juga mengucapkan terimakasih kepada segenap para guru pendidik pondok pesantren modern adlaniyah, semoga kontribusinya dan ilmu yang diberikan bisa menjadi bekal hidup untuk para santri,” ucap umar.

Diungkapkan, “para santri selama pemondokan mendapat bimbingan belajar selama 24 jam, baik itu belajar secara resmi diruangan kelas, maupun diluar ruangan,” ungkap anggota DPRD Pasbar ini dengan mantap.

Dikatakannya, Anggaran Kabupaten Pasaman Barat pada tahun ini sebesar 1,8 triliun, sebagian besarnya digunakan untuk pembangunan infrastruktur, gaji, dan belanja pegawai lainnya,” katanya.

Sebagai masyarakat Pasaman Barat, kita harus turut aktif berpartisipasi dan berkontribusi untuk kabupaten yang kita cinta ini, terutama di dunia pendidikan. Seperti hal nya, berkontribusi untuk membangunan generasi penerus kita kelak dengan membekali ilmu agama, dengan menempatkan di pondok pesantren yang sudah berdiri dari tahun 1928 ini.

Ketua Yayasan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah, Muhammad Umar, SE

Dipaparkan, Pondok Pesantren Modern Adlaniyah yang berdiri pada tahun 1928 ini, baru bermetamorfosis ke pesantren modern pada tahun 1999. Agar para pencari ilmu dipemondokan bisa menyesuaikan dengan roda zaman yang serba tekhnologi ini,” papar umar.

Selain itu umar juga mengungkapkan, Pondok Pesantren ini tidak akan bisa berjalan hingga hari ini, jika bukan atas bantuan dari segenap wali murid, masyarakat sekitar, dan pemerintah daerah,” ungkapnya.

Dunia pesantren adlaniyah selama 24 jam, penuh dengan kegiatan keagamaan. “Umar juga berpesan kepada para santri, agar Jaga sholat dan ibadahnya. Ini merupakan langkah awal untuk mengarungi dunia,” pungkasnya.

Ditambahkannya, atas nama Pondok Pesantren Modern Adlaniyah serta para guru mengucapkan Mohon Maaf lahir dan bathin, karena hanya menghitung hari bulan Ramadhan 1439 H akan tiba,” tutupnya mengakhiri.

Sementara itu, Kepala Madrasah Aliyah Swasta Adlaniyah, Ustad Supriyadi, S.Th.i, M.A dalam laporannya menyampaikan, Pondok pesantren ini sudah bermetamorfosis selama 15 tahun dengan sistem pesantren modern,” tuturnya.

Diungkapkan, mulai dari angkatan I, pada angkatan sekarang Ini jumlah terbanyak yang mengikuti wisuda yakni sebanyak 35 siswa. Ada 3 siswa yang tidak bisa mengikuti, karena sanksi disiplin dan 1 orang yg mengikuti seleksi USMPTN.

Berkat kegigihan dan peningkatan taraf belajar pada Tahun 2017 yang lalu, Madrasah Aliyah Adlaniyah mendapat akreditasi A dan Madrasah Tsanawiyah Adliniyah mendapat akreditas B,” ungkapnya.

Semoga pada tahun ini madrasah Tsanawiyah Adlaniyah mendapatkan akreditas A. Selain itu dijelaskannya, pada tahun ini hanya Pondok Pesantren Modern Adlaniyah dan MAN 2 Pasbar yang melaksanakan UNBK,” jelasnya.

Ustad Salamat, S.Pd.i, M.Pd menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan pihak yayasan pondok pesantren modern adlaniyah, sehingga anak kelas 9 bisa melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer,” ucapnya.

Dipaparkannya, Alumni Pondok Pesantern Modern Adlaniyah Tahun ajaran 2016-2017 lalu, seratus persen melaksanakan sekolah ke SLTA di luar kabupaten Pasaman Barat, seperti SMK Penerbangan Padang, MAN Unggul Bukit Tinggi.

Alhamdulillah, Prestasi pondok pesantren kita telah banyak diraih, yakni juara I dan III diajang Aksioma, mendapat Juara III besar Ajang KSM IPA, Juara Umum kontingen Pramuka di Luhak Nan Duo Ranking 25 dari 2000 siswa.

Maka dari itu kita tingkatkan etos kerja dan Tupoksi agar sekolah kita ini semakin baik. “Jadikan Sholat sebagai pegangan, jadikan sabar sebagai Titian,” ajaknya kepada majelis guru.

Sementara itu, “Pimpinan Pesantren Ustad Mustaqim, S.Pd.i menyampaikan, ia mengajak untuk belajar di Pondok pesantren mulai tanggal 7 mei besok, pendaftaran santri baru sudah mulai dibuka,” ajaknya singkat.

Ditempat yang sama, Kasi Penmad Kemenag Pasaman Barat, H.Syawal Suro menyampaikan, permohonan maaf dari Kepala Kantor Kemenag Pasaman Barat yang tidak sempat hadir. Sebab, ada sembilan acara yang wajib dihadirinya hari ini,” ujarnya.

Diungkapkan Syawal Suro, ada kelebihan Pondok Pesantren Modern Adlaniyah, salah satunya memiliki Sanggar Pramuka Ababil dan merupakan Nomor 1 untuk tingkat Pasaman Barat setelah itu sekolah Darul ulum,” ungkapnya mengakhiri. (***)