Danau Singkarak Terancam Sampah Plastik, Wabup Zuldafri Ingatkan Warga

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Tepian danau Singkarak di Jorong Tanjung Sawah Nagari Padang Laweh Malalo Kabupaten Tanah Datar dipenuhi oleh sampah plastik. Dan sampah itu sangat mengancam ekosistem danau.

Tumpukan sampah plastik itu pada umumnya adalah limbah botol minuman dan juga limbah rumah tangga yang semakin hari sangat mengkhawatirkan. Apalagi jorong itu belum lama ini ditimpa galodo.

Plastik dan kaleng terlihat menumpuk di pinggir danau. Bahkan disamping Mesjid Makmur Tanjung Sawah tidak luput dari tumpukan sampah.

Menurut warga setempat, limbah plastik ini tidak hanya berasal dari masyarakat sekitar danau, bahkan sampah ini juga berasal dari lokasi yang letaknya berjauhan dengan danau yang terletak di dua kabupaten itu.

“Memang kami akui jika sampah ini menjadi ancaman serius lingkungan danau Singkarak,” kata Wisnu warga Malalo.

Wakil Bupati Zuldafri Darma saat meninjau lokasi galodo di Tanjung Sawah, Jumat (24/01/2020) mengingatkan, agar masyarakat dapat menjaga kebersihan disekitar danau dari limbah sampah yang cukup banyak itu.

“Sangat kita sayangkan jika hal ini dibiarkan, kita berharap masyarakat berpastisipatif dalam menjaga ekosistim danau singkarak ini,” ungkap Zuldafri.

Untuk itu tutur Zuldafri pemerintahan nagari perlu memberlakukan himbauan kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke danau. (Bdoy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *