DAERAH  

Penutupan Puskesmas Untuk Mengantisipasi Penyebaran Virus

SUMBAR.KABARDAERAH.COM- Pelayanan kesehatan Puskesmas Lubuk Basung ditutup sementara pasca adanya petugas Laboratorium yang dinyatakan positif, sampai hasil sampel swab yang dikirim ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Agam Indra Rusli saat dihubungi via telepon seluler nya, mengatakan penutupan pelayanan kesehatan di Puskesmas Lubuk Basung pasca salah seorang petugas medis dinyatakan positif terpapar virus Corona.

” Kita menutup sementara pelayanan di Puskesmas Lubuk Basung dan hanya akan melayani melalui unit IGD saja sesuai dengan protokol covid 19,” kata, Kamis (7/5).

Dia menambahkan pelayanan di Puskesmas Lubuk Basung ditutup akan dilakukan juga sterilisasi supaya saat pelayanan dibuka nantinya dari pihak kesehatan tidak kesalahan atau ada masyarakat yang kena dampak, mata rantai virus COVID 19 harus di putus.

Sebelumnya sampel swab yang dikirim ke Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang sebanyak 71 orang.

Dari 71 sampel itu lima positif COVID-19, sebanyak 19 sampel dinyatakan negatif dan selebihnya inklusif atau Polymerase chain reaction (PCR).

“Kita berharap sampel yang tersisa hasilnya negatif, dan total saat ini sembilan orang positif COVID-19 di Agam,” katanya.

Untuk mengantisipasi penyebaran, tambahnya, seluruh petugas di Puskesmas Lubukbasung beserta orang terkontak erat dengan para OTG tersebut akan diambil swabnya.

Ia mengimbau warga agar meningkatkan kewaspadaan terhadap lalu lintas orang dan kegiatan keramaian, termasuk kegiatan di pasar dan masjid pada masing-masing nagari.

Bagi yang merasa terpapar tolong jujur dan melaporkan ke puskesmas agar proses tracking dapat berlangsung cepat dan aman. **

(Rel/idi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *