Tanah Datar Kembali Raih Opini WTP

TANAH DATAR, KABARDAERAH,- Pemerintah Kabupaten Tanah Datar kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke delapan kalinya secara berturut-turut.

Opini WTP untuk Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2019 ini, diserahkan langsung  Kepala Perwakilan BPK RI Sumbar Yusnadewi, Jumat (15/5), di ruangan pertemuan Gedung BPK Perwakilan Sumbar di Padang.

Opini WTP diterima Ketua DPRD Tanah Datar, Rony Mulyadi Dt Bungsu didampingi Sekda Irwandi.

Yusnadewi dalam kesempatan tersebut menyanjung kinerja Pemkab Tanah Datar dalam mengeloLa keuangan dan aset daerah.

“Ini membuktikan komitmen upaya nyata pemerintah daerah dengan DPRD untuk terus mendorong perbaikan pengelolaan keuangan daerah di Tanah Datar,” ujarnya.

Opini WTP yang diperoleh untuk LHP Tahun Anggaran 2019 ini, kata Yusnadewi, tak hanya menjadi kebanggaan Pemkab Tanah Datar. Akan tetapi sekaligus kebanggaan bagi BPK RI.

“Dalam dua tahap penerapan pelaporan keuangan dan aset pemerintah, menggunakan sistem aktual. Opini WTP tetap diraih,” sebutnya.

Yusnadewi mengakui, kinerja Pemkab Tanah Datar di bawah kepemimpinan Bupati Irdinansyah Tarmizi dan Wakil Bupati Zuldafri Darma dalam mengelola keuangan terbilang terbaik di Sumbar.

“Namun perlu juga diingat, BPK masih menemukan permasalahan yang perlu ditindaklanjuti secepatnya dalam 60 hari setelah LHP diserahkan,” imbuhnya.

Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Irwandi dan Ketua DPRD H. Rony Mulyadi Dt. Bungsu mengaku amat bersyukur atas rahmat Allah SWT yang diberikan kepada jajaran Pemkab Tanah Datar, sehingga opini WTP yang sudah berulang kali diperoleh, kini kembali diterima untuk kedelapan kalinya secara berurut-turut.

“Ini untuk pemerintah dan masyakakat Tanah Datar di saat bulan Ramadhan 1441 H. Semoga raihan opini WTP ini menjadi motivasi bagi segenap jajaran pemerintahan untuk meningkatkan kinerja, walaupun saat ini kita dihadapkan pandemi Covid-19,” ucap Irwandi.

Secara khusus, H. Rony  tambahkan, menyampaikan ucapan terima kepada segenap jajaran BPK, karena telah melakukan pemeriksaan secara jelimet terhadap pengelolaan aset dan keuangan Pemkab Tanah Datar.

“Sehubungan dengan LHP dari BPK Perwakilan Sumbar akan kami tindaklanjuti bersama bupati,” ucapnya.

Di kesempatan terpisah Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmzi menyampaikan  terima kasih dan apresiasi atas prestasi yang diraih ini.

“Keberhasilan pemerintah Kabupaten Tanah Datar memperoleh opini WTP delapan kali berturut-turut adalah prestasi bersama, prestasi pemerintah daerah, DPRD dan dukungan masyarakat. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih,” kata Irdinansyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *