Pemahaman Adat Berkurang, LKAAM Lima Kaum di Kukuhkan Plt Bupati Tanah Datar

TANAH DATAR, KABARDAERAH.COM,-Pelantikan Kepengurusan LKAAM Kecamatan Lima Kaum masa bakti 2020-2025di hadiri PLT Bupati H.Zuldafri Darma di dampingi Forkopimca, Selasa (22/09) gedung serba guna Kecamatan Lima Kaum.

Dari hasil musyawarah yang telah di SK kan terpilih selaku ketua umum Erdimaizul, S.Pd. Dt. Rajo Malano, ketua I Abdul Maliksir Dt.Tamandaro, ketua II Drs. Afton Zuid Dt. Jo Penghulu, Sekretaris Yudarmi Dt. Rajo Endah dan Bendahara Editiawarman Mukhtar Dt. Sinaro Basa.

Erdimaizul, S.Pd.Dt. Rajo Malano, juga mohon kerjasama semua pihak terutama pemerintah daerah mengingat anggaran LKAAM kecamatan yang sangat minim sehingga untuk melaksanakan kegiatan saja sangat sulit. Terkait hal ini akan segera menyusun rencana kerja dan menjadwalkan rapat, dari itu kita minta dukungan dari LKAAM kabupaten ujar dia.

Lebih lanjut Erdimaizul mengatakan Terkait fenomena yang terjadi saat ini seperti mulai berkurangnya pemahaman adat di tengah-tengah masyarakat, mulai lunturnya pengamalan norma hukum, adat dan agama serta masih minimnya informasi tentang adat dan budaya, baik tertulis, audio maupun visual.

“Menyikapi hal itu kita LKAAM Kecamatan Lima Kaum ke depan perlu merancang program dan kegiatan seperti menginventarisasi nilai-nilai adat yang sudah lama berlaku di nagari-nagari yang ada di Kecamatan Lima Kaum” tegasnya.

Sementara itu Plt. Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH menyampaikan untuk menselaraskan pemahaman adat terutama pemangku adat apalagi itu pada saat acara-acara tertentu dan itu harus ditonjolkan agama, adat dan budaya nya.

“Pemangku adat di daerah sebagai cerminan yang harus menyesuaikan cara berpakaian maupun memposisikan diri dan itu harus diaplikasikan, “ucapnya.

Diakui Zuldafri jika di Kecamatan Lima Kaum banyak terdapat bukti-bukti sejarah, yang patut diangkat, dilestarikan dan diwariskan kepada generasi penerus.
Terkait anggaran LKAAM kecamatan yang minim, ke depan Plt. Bupati akan berupaya bisa diusahakan dari anggaran LKAAM kabupaten mengingat APBD sudah ketok palu.

Turut hadir saat pengukuhan tersebut Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril, Camat Lima Kaum Hendra Setyawan, Forkopimca, Pengurus LKAAM Kabupaten, Bundo Kanduang dan undangan lainnya.(kd/Farid)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *