Cegah Kerusakan Gigi, Mahasiswa KKN Unand Edukasi Puluhan Siswa SDN 06 Pungguang Ladiang Pariaman

Pariaman, KabarDaerah.com – Mencegah kerusakan gigi bagi anak-anak, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Andalas Padang (Unand) menggelar gosok gigi masal bersama puluhan siswa SDN 06 Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, Sabtu (20/08/22).

Lussy Putri Azmi, Mahasiswa KKN dari Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Andalas mengatakan sebelum dilakukan kegiatan sikat gigi masal dilakukan terlebih dahulu pemeriksaan DMF-T, yaitu pemeriksaan untuk menilai status kesehatan gigi dan mulut yaitu karies gigi.

“Benar, kita lakukan dulu pemeriksaan gigi untuk menilai status kesehatan gigi dan mulut yaitu karies gigi sebelum dilakukan sikap gigi,” sebutnya.

Pemeriksaan DMF-T gigi ini, sambung Lussy Putri Azmi, dilakukan diruang UKS SDN 06 Punggung Lading dengan menyasar siswa siswi kelas 4, 5 dan 6 dengan julah 51 orang.

“Dari hasil pemeriksaan didapatkan rata rata indek DMF-T yaitu setiap anak rata rata memiliki 2 gigi yang berlubang,” tuturnya.

Dan dari permasalahan tersebut, Lussy Putri Azmi bersama rekan-rekannya mengadakan kegiatan sikat gigi masal yang bertujuan untuk memberikan edukasi dan mempraktekkan bagaimana cara menyikat gigi dengan benar.

Dalam kesempatan itu, mahasiswa KKN itu juga memberikan penyuluhan tentang langkah langkah menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Kita berharap dengan adanya edukasi ini semua anak-anak, khususnya anak SDN 06 Pungguang Ladiang lebih peduli menjaga kebersihan dan kesehatan giginya,” tutupnya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *