PPK BM Provinsi Sumbar Akui Penghamparan Hotmix Waktu Hujan Turun Disaksikan Konsultan Pengawas

PASAMAN,KABARDAERAH.COM – Tomi, Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan Arman, Kontraktor Pelaksana pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Provinsi di Ruas Padang Sawah – Kumpulan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, dengan pagu dana Rp6,1 miliar, kompak menyebut bahwa konsultan pengawas berada dilokasi saat penghamparan aspal hotmix waktu hujan turun.

Meski demikian, PPK dari Dinas BMCKTR Pemprov Sumbar, Tomi belum bisa memastikan apakah pekerjaan sudah sesuai spek atau tidak apabila penghamparan aspal hotmix saat intensitas hujan tinggi. Namun bila tak sesuai akan diperbaiki.

Menurutnya, apabila suhu minimal 110 tercapai masih bisa dipadatkan, sebab AMP dari lokasi pekerjaan tidak jauh hanya sekira 30 km. Apabila langsung giling suhu masih tercapai. Ketika hujan lebat langsung diputus setelah aspal habis dalam finisher.

Tomi memastikan akan perintahkan rekanan untuk membongkar kembali bila ada yang rusak, kurang padat, retak maupun pecah. Pengawas selalu berada dilokasi ketika pelaksanaan pekerjaan. Namun PPK ini enggan menyebut penghamparan aspal hotmix ketika hujan direstui oleh konsultan pengawas.

“Jadi begini, memang kita akui sekarang hari hujan, terang, hujan. Mereka bekerja waktu tidak hujan, ketika proses penghamparan tiba hujan lebat harus diselesaikan baru diputus. Aspal finisher harus dihabiskan dulu, kalau didiamkan dia akan mengeras, makanya harus dikeluarkan seluruh isi aspal di finisher,” jelas Tomi via seluler, Kamis (8/12/22).

Dari pihak pelaksana PT. Hariyona melalui Manager Pelaksana, Arman, tidak membantah penghamparan aspal hotmix waktu turun hujan. Ia menyampaikan dalam melaksanakan pekerjaan selalu diawasi konsultan pengawas.

“Untuk pelaksanaan pekerjaan kita di saksikan sama konsultan pengawas dari awal pelaksanaan pekerjaan.
Kami bertanggung jawab penuh terhadap semua pekerjaan kami, apabila terjadi kerusakan kami akan memperbaiki,” kata Arman.

Manager Pelaksana PT. Hariyona ini mengklaim suhu hotmix yang dihamparkan sudah sesuai spek pekerjaan. Sebab, sebelum melakukan penghamparan aspal, pihaknya beserta pengawas telah melakukan pengecekan suhu terlebih dahulu.

Sebelumnya diberitakan pekerjaan penghamparan aspal hotmix Pemeliharaan Berkala Jalan Provinsi di Ruas Padang Sawah – Kumpulan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, ketika hujan jadi perhatian banyak pihak, warga pun mendesak agar diperbaiki dengan membongkar pekerjaan tersebut.

Beberapa masyarakat setempat mengaku menyaksikan proses pengaspalan jalan ketika hujan turun dan khawatir tidak akan tahan lama.

“Ya benar, kemarin mereka mengaspal ketika hujan lebat. Kalau begini tidak akan tahan lama, aspal tidak kuat, terlihat sudah banyak yang rusak,” ungkap warga setempat kepada awak media.

Bukan hanya itu, terpantau pada lokasi pekerjaan sudah ada beberapa aspal yang turun karena dilewati kenderaan. Aspal pun terasa lunak bisa dikorek dengan tangan, dan terlihat basah di bagian permukaan aspal, sehingga diduga jadi sebab mudahnya aspal ini terkelupas.

Berbagai literatur termasuk dilansir dari kompasiana dijelaskan lintasan pemadatan aspal yang terkena air hujan mengakibatkan air memasuki celah-celah rongga udara yang tersisa dalam perkerasan sehingga perkerasan tidak rapat.

Pengaspalan yang dilakukan ketika kondisi jalan masih basah karena hujan akan sangat berpengaruh pada konstruksi. Dengan kata lain, hasil pengaspalan tidak akan bisa maksimal karena daya rekat lapis aspal beton di bawahnya basah. Akibatnya aspal akan mudah terkelupas dan pecah dalam waktu tidak terlalu lama atau paling tidak setelah dilewati kendaraan bermuatan berat.

Proses pengaspalan saat hujan atau pada temperatur rendah di bawah persyaratan, maka permukaan aspal akan terlihat lebih lambat kering (tetap basah/lembab) karena tidak kedap air sehingga masih banyak menyerap air. Walaupun lapis perkerasan aspal akan tampak lebih tebal namun biasanya kepadatan tidak dapat memenuhi persyaratan spesifikasi. (Tim)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *