Perdana, 75 Pengurus PKDP di Indonesia Dikukuhkan di Tanah Piaman

 

Padang Pariaman _ Sebanyak 75 Orang pengurus Dewan Pimpinan Pusat Persatuan Keluarga Daerah Piaman (DPP- PKDP) Periode 2023-2028 resmi dikukuhkan di Hall IKK Parit Malintang Kantor Bupati Padang Pariaman, Minggu (18/6/2023).

Pengukuhan pengurus DPP PKDP Periode 2023-2028 itu, dipimpin langsung oleh Bupati Kabupaten Padang Pariaman Suhatri Bur didampingi Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansyahrullah, Wali Kota Pariaman Genius Umar. Juga ikut hadir dalam pengukuhan itu Anggota DPD RI Leonardi Harmaini, Anggota DPR RI Hermanto, Wakil Bupati Padang Pariaman Rahmang, dan Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyudin, Bupati/Wali Kota dan perwakilan se-Sumatera Barat.

Juga Ketua DPW dan DPD PKDP Se Indonesia, Ketua TP PKK Padang Pariaman Yusrita Suhatri Bur, Ketua GOW Yusnely Rahmang, Ketua DWP Yanti Rudy Rilis, serta Camat dan wali nagari se Kabupaten Padang Pariaman. Sejumlah tokoh masyarakat dan para pengusaha yang tergabung dalam wadah PKDP baik yang di ranah maupun yang dari rantau.

Ketua Panitia Amran Tambi mengatakan, bahwa kepengurusan yang telah dilantik dan dikukuhkan adalah hasil Musyawarah Besar (Mubes) Ke VI yang dilaksanakan bulan Maret 2023 yang lalu di Padang. Tim Formatur terpilih yang diketuai John Kennedi Aziz bersama Sekretaris Yobana Samial dan 7 anggota lainya, telah menyusun struktur dan personalia DPP PKDP Periode 2023-2028.

Struktur dan personalia kepengurusan yang telah tersusun berdasarkan Surat Keputusan DPP PKDP Nomor: 02/SK/DPP-PKDP/V/2023 Tentang Kepengurusan dan Personalia DPP PKDP Periode 2023-2028. Sebagai Ketua Umum adalah Ketua terpilih John Kennedi Azis, Wakil Ketua Umum, Irwan Sikumbang, Haji Amran Tambi, dan Kolonel Adrian Adek.

Sedangkan Sekretaris Jendral adalah Irwandi bersama wakilnya Faisal Hadi, Eka Putri Asnita, dan Dedy Nazaruddin sebagai Sekretaris Eksekutif. Kemudian Rustian sebagai Bendahara Umum dengan wakilnya Syahruddin. Kepengurusan DPP PKDP Periode 2023-2028 juga dilengkapi dengan 12 bidang kepengurusan.

Tim Formatur juga menempatkan beberapa nama dan tokoh-tokoh Ranah Piaman dalam kepengurusan dengan latar belakang yang berbeda. Tampak didalamnya para politisi, akademisi, pengusaha, militer, dan tokoh birokrat senior yang satu-satunya ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman Kepala Dinas Kominfo Zahirman.

Dengan kolaborasi dan sinergisitas ranah dan rantau, demikian juga dengan dukungan dari Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman, Pelantikan yang disejalankan dengan Rakernas tersebut, terselenggara dengan baik, lancar dan sukses. Sejumlah program strategis telah dilahirkan dan berbagai rekomendasi untuk kemajuan Piaman dan pembangunan Ranah Piaman di masa yang akan datang.

Pelantikan dan Rakernas ini mengusung tema Saiyo Sakato jo Sabiduak Sadayuang membangun Ranah dan Rantau, dengan tagline pengurus PKDP Bijak di Rantau Paguno di Kampuang.

Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur dalam sambutannya menyampaikan ajakan kebersamaan untuk pembangunan Padang Pariaman yang lebih baik. Dia meminta ranah dan rantau bersatu untuk menggeliatkan pembangunan kedepannya.

“Sesuai dengan tema Saiyo Sakato jo Sabiduak Sadayuang bangun ranah dan rantau karena bersatu kita teguh bercerai kita runtuh,” sebutnya memberi arahan.

Suhatri Bur juga menerangkan, PKDP adalah wadah bagi warga Piaman untuk berhimpun, baik secara person, keluarga, maupun secara organisasi dan kelompok kecil Piaman yang terbentuk di berbagai daerah. Makanya dia berharap, PKDP harus mengupayakan untuk mengumpulkan yang taserak (terpisah) dan menjemput yang tatingga (tertinggal).

“Dengan terbentuknya PKDP tidak membubarkan Ikatan Keluarga yang telah ada, bahkan keberadaan IK tersebut menjadi penobang kekokohan PKDP mulai dari tingkat daerah diberbagai wilayah termasuk DPP PKDP,” ulas Bupati Padang Pariaman ini.

Dalam kesempatan itu, Suhatri Bur juga mempromosi destinasi wisata dan bermacam produk lokal Padang Pariaman. Mulai dari kerajinan hingga kuliner olahan para pelaku UMKM di Padang Pariaman. Untuk peningkatan pemasarannya, dia meminta kerjasama dan keikutsertaan PKDP dalam mempromosikan hingga memasarkan produk dan tempat-tempat wisata tersebut di daerah masing-masing.

“Sekarang adalah Pengukuhan perdana DPP PKDP di kampung halaman. Ini salah satu bentuk ajakan dan menginginkan keterlibatan PKDP untuk membangun Padang Pariaman melalui pertumbuhan dan peningkatan ekonomi di bidang UMKM dan pariwisata daerah,” tutupnya berharap.

Hal senada juga disampaikan Walikota Pariaman Genius Umar, dalam sambutannya kemajuan suatu daerah bukan hanya tugas pemerintah saja, tapi semua elemen masyarakat termasuk Pengurus PKDP seluruh Indonesia dimanapun berada.

“Peran PKDP untuk membangun kampung halaman sangat kami harapkan,” jelasnya.

Anggota DPR RI, Jhon Kenedy Aziz yang terpilih sebagai Ketua Umum DPP PKDP Periode 2023-2028, juga kepada pengurus PKDP lainnya, semoga amanah dalam menjalankan tugas dan program-program PKDP nantinya sehingga motto PKDP “Bijak Dirantau, Paguno Dikampuang” bisa terlaksana dengan baik.

“I’m Proud to be Pariaman (Saya bangga menjadi orang Pariaman), karena dengan kekompakan orang Piaman yang ada di seluruh Indonesia, kita dapat membangun daerah Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman secara bersama-sama “, ujar Genius.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat Buya Mahyeldi menyampaikan bahwa pembangunan daerah sangat menunggu peran para perantau. Makanya sangat banyak momen yang telah diciptakan dalam upaya memperkuat silaturrahim dengan para tokoh-tokoh yang ada di rantau. Termasuk katanya, momen pelantikan dan rakernas ini.

“PKDP sangat berperan dan berkontribusi membangun daerah termasuk mendukung pembangunan Sumatera Barat,” ulasnya.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PKDP John Kenedy Azis menyampaikan bahwa Tagline PKDP adalah bijak di rantau dan paguno di kampuang. Semangat inilah katanya, yang membangun tekad untuk memajukan PKDP periode lima tahun yang akan datang.

Dia mengajak warga Piaman untuk kompak dan bersatu membangun daerah.

“PKDP yang telah diinisiasi oleh Bupati Anas Malik ini harus kita tingkatkan peran dan kontribusinya dalam mendukung pembangunan daerah Piaman kedepan,” tukuknya.

Prosesi pengukuhan selesai dan dilanjutkan dengan Rakernas yang membahas program kerja dan progres PKDP ke depan. Pada kesempatan itu, DPP PKDP memberikan penghargaan kepada pendiri PKDP Almarhum Anas Malik atas jasa dan perjuangannya membangun daerah.

Penghargaan diserahkan oleh Ketua Umum John Kenedy Azis, diterima oleh ahli waris Faisal Arifin.

Masih ditempat yang sama ketua badan pengawas DPP PKDP H, Sagi sapaan akrabnya menjelaskan bahwa PKDP ini adalah sebagai wadah sosial bagi masyarakat piaman dan organisasi ini sudah lama berdiri, sudah banyak hal-hal yang bersifat sosial yang direalisasikan oleh PKDP untuk kampung halaman, namun demikian tentu belum seperti yang diharapkan.

“Saya aktif di PKDP sejak tahun 1984, Mudah-mudahan kedepannya organisasi PKDP ini dapat menjadi lebih baik dari sekarang ini,serta bermanfaat untuk masyarakat,” jelas H Sagi.

Perlu juga kita ketahui bersama sebelumnya pelantikan pengurus DPP PKDP dilaksanakan dirantau dan untuk kali ini dengan kecintaan kita terhadap kampung halaman makanya pelantikan pengurus DPP PKDP Periode 2023-2028 dengan kesepakatan seluruh tokoh-tokoh masyarakat piaman dan pengurus, kita putuskan dilaksanakan dikampung halaman,”tutup H Sagi. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *