Inovasi Dalam Tata Kelola Pemerintahan, Kota Sawahlunto Mendapat Penghargaan

Dalam penilaian Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), kinerja Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto, Sumbar pada tahun 2020 dinilai baik karena berhasil melakukan berbagai inovasi dalam mengelola pemerintahan. Untuk itu, Kemendagri memberikan predikat Kota Sangat Inovatif dalam ajang Innovative Government Award (IGA) Tahun 2020. Hal ini diberikan sebagai apresiasi kepada Pemko Sawahlunto, terhadap inovasi yang dilakukan.

Kemendagri menilai Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto cukup berhasil dalam melakukan inovasi guna mengelola pemerintahan. Karenanya, Pemko Sawahlunto berhak mendapatkan penghargaan tersebut.

Penghargaan sebagai Kota Terinovatif, kepada Kota Sawahlunto sebagaimana kita ketahui, telah diterima langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri, Muhammad Hudori atas nama Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, pada Jum’at 18 Desember 2020 lalu di Jakarta.

Sekjen Kemendagri Muhammad Hudori, saat penyerahan tersebut menyatakan, Innovative Government Award (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan kepada pemerintah daerah sebagai apresiasi terhadap inovasi – inovasi yang telah dilakukan. Lebih lanjut dikatakan, “hal ini turut menjadi sarana monitoring bagi pemerintah pusat terhadap gerak inovasi di daerah – daerah,” ungkap Sekjen Kemendagri, Muhammad Hudori.

Dari segi inovasi dan fakta di lapangan, Pemko Sawahlunto memang familier dengan inovasi. Karena, dari berbagai inovasi, hal tersebut berhubungan langsung ke dalam visi Kota Sawahlunto. Melalui kebersamaan, kita wujudkan Sawahlunto sebagai kota wisata yang Kreatif, Inovatif, Unggul, Bermartabat, Berkeadilan dan Sejahtera.

Walikota Sawahlunto Deri Asta SH menyebutkan bahwa, dengan penghargaan yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui Kemendagri, menunjukkan bahwa Pemko Sawahlunto sudah berada pada jalur yang benar, dalam menciptakan inovasi dan kreasi dalam mengelola pemerintahan.

“Kami berterimakasih kepada segenap jajaran stakeholder (pemangku kebijakan) dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), atas kinerjanya yang telah berperan aktif sehingga Sawahlunto memperoleh penghargaan. Karena, penghargaan ini pada hakekatnya adalah penghargaan bagi seluruh masyarakat Kota Sawahlunto,” pungkas Walikota Deri Asta sesaat setelah menerina penghargaan tersebut pada Desember tahun lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *