Beranda DAERAH KAB. KEP. MENTAWAI Percantik Gerbang Utama Mentawai, Kawasan Pelabuhan Tuapejat Ditata Ulang

Percantik Gerbang Utama Mentawai, Kawasan Pelabuhan Tuapejat Ditata Ulang

28

Mentawai, kabardaerah.com – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat (Sumbar) akan menata ulang kawasan pelabuhan Tuapejat di Pulau Sipora.

“Dalam tahun ini ada beberapa titik di pelabuhan Tuapejat yang akan ditata ulang, baik itu pintu masuk maupun penambahan sarana penerangan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mentawai, Edi Sukarni di Tuapejat, Senin.

Ia menjelaskan, penataan kawasan pelabuhan tersebut selain memberikan kenyamanan bagi masyarakat juga untuk mempercantik pelabuhan yang merupakan gerbang utama bagi pengunjung yang datang ke Mentawai.

Lebih lanjut, Edi menyebutkan, saat ini ada beberapa fasilitas pelabuhan yang mengalami kerusakan dan harus diganti. Selain itu ada juga bangunan yang harus direnovasi dan penambahan fasilitas lainnya.

“Kami juga merencanakan akan membangun gapura sebaga identitas kawasan pelabuhan,” katanya.

Ia mengakui, Pelabuhan Tuapejat sebagai pelabuhan utama di Kabupaten Mentawai, masih banyak mengalami kekurangan fasilitas, baik fasilitas umum, WC, ruang tunggu, dan sarana informasi lainnya.

Edi menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan pengaturan terhadap Angkot dan jalur masuk bagi transportasi darat yang berada di pelabuhan tersebut. Termasuk juga bagi kendaraan roda empat dan roda dua yang akan menaiki kapal.

Ia mengungkapkan, sebelumnya pelabuhan tersebut pada 2017 direncanakan akan mendapatkan bantuan dari program BUMN peduli untuk penataan kawasan tersebut.

“Namun karena kami belum memiliki rencana induk pengembangan kawasan pelabuhan, program tersebu ditunda sementara,” katanya.

Dalam tahun ini juga lanjut Edi, pihaknya akan melakukan pemetaan ulang, membuat grand design, dan menghitung ulang sarana prasarana lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora), Desti Seminora mengatakan, pelabuhan Tuapejat sudah seharusnya dipercantik dan dilengkapi dengan sarana fasilitas bagi pengunjung maupun masyarakat.

“Kami sangat apresiasi terhadap penataan kawasan pelabuhan, karena ini akan menjadi sarana promosi bagi wisata daerah,” katanya.

Ia berharap, penataan kawasan pelabuhan juga dilakukan di pelabuhan-pelabuhan lainnya yang ada di Mentawai. (*)

Antarasumbar