Tak Berkategori  

Sutan Riska Tuanku Kerajaan: Tolak Hoaks Untuk Indonesia Damai

Dharmasraya, kabardaerah.com – Bupati Dharmasraya, Sumatera Barat, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyebutkan gerakan bersama menolak hoaks merupakan upaya untuk menciptakan Indonesia damai.

“Mari tolak hoaks untuk Indonesia damai,” katanya di Pulau Punjung, Senin.

Hal itu disampaikan usia memimpin deklarasi antihoaks bersama Ketua DPRD Masrul Maas, Kapolres AKBP Rudy Yulianto, Kajari Harry Wahyudi, Ketua MUI Aminulah Salam, Ketua LKAAM, dan ASN Kabupaten Dharmasraya.

Ia mengatakan deklarasi tersebut merupakan wujud dukungan dan komitmen dalam memerangi hoaks yang dinilai meresahkan banyak pihak belakangan ini.

Ia mengimbau masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan media sosial, serta lebih cerdas dalam menyampaikan dan berbagi informasi.

Di samping itu, bupati mengingatkan untuk mewaspadai informasi yang tidak jelas sumbernya. Apalagi jika itu memuat hal yang dapat memecah belah bangsa.

Ia menambahkan ada empat poin yang disampaikan dalam deklarasi antihokas, diantaranya menolak berita hoaks, menolak ujaran kebencian, menolak konflik sara, dan mendukung polisi dalam penegakan hukum dan pemberantasan berita hoaks.

Sementara, Kapolres Dharmasraya, AKBP Rudy Yulianto mengajak masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan media sosial, lalu jangan mudah percaya berita atau informasi yang diperoleh di media sosial.

“Saring dulu sebelum sharing, jangan mau diadu domba dengan berita hoax yang dapat memecah belah NKRI,” ujarnya.

Di samping itu, masyarakat diajak mendukung Polri dalam menegakkan hukum terhadap pelaku penyebar hoax, ujaran kebencian, SARA maupun provokasi.

“Kita tidak boleh lupa bahwa fitnah lebih kejam dari pembunuhan (QS Al Baqarah 192-193). Kalau dulu ada istilah mulutmu harimaumu, maka sekarang jempolmu harimaumu, jadi jangan sampai kita menjadi bagian dari pelaku fitnah di media sosial,” tambahnya.**

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *