Sumbar Berstatus Siaga Bencana, Ini Pernyataan Gubernur

Fhoto : Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno. (Net)

SUMBAR, KABARDAERAH,- Beberapa kabupaten/kota di Sumatra Barat pada bulan ini, serentak dihantam bencana banjir dan longsor. Bencana tersebut terjadi, karena intensitas curah hujan yang tinggi, Kamis (26/12).

Oleh karena itu, melalui surat keputusan Gubernur Sumatra Barat Irwan Prayitno, menaikkan status bencana di Sumbar menjadi siaga, Minggu (22/12).

Dalam surat keputusan dengan nomor 360/975/2019 itu Irwan Prayitno menyatakan, agar masing-masing daerah yang rawan bencana melakukan inventarisasi dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait pencegahan.

Selanjutnya, Irwan menghimbau kepada masing-masing daerah untuk mengaktifkan pos siaga bencana, memastikan kondisi alat bencana, melakukan koordinasi kepada TNI/POLRI dan relawan, serta meminta mengaktifkan rencana kontijensi.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika sebelumnya memperkirakan, curah hujan yang tinggi ini akan berlanjut hingga 28 Februari 2020.

Status siaga tersebut, bisa saja berubah-rubah. Berdasarkan surat keputusan Gubernur Sumbar itu, status bisa diperpanjang dan diperpendek sesuai kebutuhan penyelenggaraan penanganan bencana di lapangan. (BgZ)

Editor : Aldoris

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *