TNI dan Polri Bersinergi Dalam Penegakkan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19

PAYAKUMBUH, SUMBAR.KABARDAERAH.COM — Masa transisi menuju New Normal Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Payakumbuh menggelar Apel Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid-19, di Jl. Ahmad Yani dibawa Kanopi Pasar Payakumbuh, Kamis (28/5) malam sekitar pukul 20.00 Wib.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Walikota Payakumbuh Riza Falepi yang juga sebagai Ketua Tim Gugus Tugas, Erwin Yunaz Wakil Walikota/Wakil Ketua Tim Gugus Tugas, Dandim 0306/50 Kota Letkol Kav Ferry Lahe, Kapolres Payakumbuh Dony Setiawan serta anggota Tim Gugud Tugas lainnya.

Dalam arahannya Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan :

  1. Sesuai instruksi presiden menjalani Protokol Kesehatan Covid-19
  2. Untuk wilayah Sumbar PSBB diperpanjang s/d 7 Juni 2020
  3. Tugas kita kedepan adalah mendisiplinkan seluruh masyarakat dengan mengikuti prosedur PSBB
  4. Selepas PSBB masyarakat yang bepergian keluar tetap memakai Masker dan menjaga jarak
  5. Sedang mempersiapkan kehidupan yang tertib & aman
  6. Secara perlahan & bertahap semoga bisa hidup normal seperti sediakala
  7. Seluruh Pejabat terkait selain TNI & Polri yaitu Dinas Kesehatan, Pol PP, Dinas terkait harus mengikuti program penertiban PSBB
  8. Penggunaan APD harus lengkap dalam pelaksanaan tugas di lapangan
  9. Menyiapkan tahapan-tahapan menuju New Normal

Letkol Kav Ferry Lahe kepada wartawan mengatakan mendukung pelaksanaan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan di Kota Payakumbuh.

“Sesuai dengan instruksi Presiden kepada Kapolri dan Panglima TNI, kami siap mendukung dan sinergi dengan Polres, untuk melakukan edukasi dan himbauan kepada warga dalam menegakkan aturan, sehingga tidak ada lagi warga yang melanggar,” jelas Letkol Kav Ferry Lahe.

“Jajaran TNI dari atas sampai kebawah siap bersinergi untuk melakukan edukasi dan menghimbau kepada masyarakat untuk bersama menegakkan aturan, kami hadir tidak untuk menakuti masyarakat,” tambah Dandim lagi.

Sementara itu Ketua Tim Gugus Tugas Riza Falepi mengatakan bahwa PSBB diperpanjang ini adalah satu hal yang bijak.

“Suatau hal yang bijak PSBB ini diperanjang sampai tanggal 7 Juni 2020, sehingga kami punya waktu setelah lebaran ini untuk mendisign segala hal menuju New Normal,” terang Riza Falepi.

Sebelum diberlakukannya New Normal segala hal harus dipersiapkan seperti Pendidikan, Ibadah dan lainnya, agar sosial ekonimi bisa berjalan di Kota Payakumbuh.

“Pendidikan seperti apa disaat New Normal tersebut, apakah dalam 1 kelas dibatasi muridnya, yang tadinya 30 menjadi 15 murid, apakah dua kali mengajar gurunya, semua ini harus difikirkan, begitu juga soal beribadah Shalat Jum’at, bagaimana baiknya,” kata Riza lagi.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan juga mengatakan akan mendukung penuh Pelaksanaan Pengakkan Disiplin Protokol Kesehatan dengan akan melakukan himbauan terhadap pelanggar aturan.

“Penindakan telah kita lakukan, kemarin ini hampir 400 orang yang kami tinda dan kita bina serta mereka diwajibkan membuat pernyataan, Insha Allah tingkat kedasadaran masyarakat Payakumbuh sudah mulai tumbuh, beberapa kali kita cek dipinggir jalan, kita agak susah menemukan orang yang tidak memakai masker,” imbuh AKBP Dony Setiawan.

“Seperti yang disampaikan Dandim tadi kami akan lebih mengedepankan menghimbau dan menghimbau, nanti kalau mereka masih bandel baru kita angkut,” tutup Dony Setyawan.

Salam Teritorial

Bersama Rakyat TNI Kuat. (Uchok)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *