IGPPL Tanah Datar, Luncurkan Buku Biografi Irdinansyah Tarmizi

TANAH DATAR,– Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Tanah Datar berhasil meluncurkan buku biografi mantan bupati Tanah Datar almarhum Irdinansyah Tarmizi, Selasa (15/12/2020) di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Peluncuran buku yang diberi judul “Memeluk Langit Menjejak Bumi, Jejak Seorang Bupati Pejuang” ini juga dihadiri oleh istri dan ahli waris almarhum Irdinansyah Tarmizi.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tansh Datar Riswandi, menyebutkan jika penerbitan buku ini sebagai wujud dan kesan mendalam IGPPL terhadap kepemimpinan almarhum Irdinansyah Tarmizi.

“Tim dari Ikatan Guru Penulis dan Penggiat Literasi (IGPPL) Tanah Datar telah bekerja keras, dari mulai mengumpulkan data almarhum kecil hingga menjadi sebuah buku ini,” sebut Riswandi.

Riswandi juga menyampaikan, perjuangan penulisan buku sampai kondisi bisa diterbitkan membutuhkan kerja keras dan semangat yang cukup besar dari tim penulis.

“Setidaknya penulisan buku ini memakan waktu lebih kurang setahun, namun karena berangkat dari rasa spontanitas, rasa kagum maka hambatan dan rintangan dapat dilalui dan menghasilkan buku ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam penulisan buku ini tentu masih belum sempurna, namun secara bertahap akan disempurnakan melalui saran ataupun kritikan sehingga cetakan selanjutnya bisa lebih sempurna.

“Buku ini mengupas dari masa kecil almarhum sampai masa menjabat di penghujung pengabdian beliau sebagai Bupati. Tentunya kita berharap apa yang dituangkan bisa menjadi referensi menambah wawasan serta contoh dan teladan bagi generasi kita di Tanah Datar,” ungkapnya.

Sementara itu CEO Media Guru sekaligus penerbit buku, Mohammad Ihsan mengungkapkan buku ini sangat bagus dan sangat berisi, karena dianggap mengandung banyak nilai-nilai inspirasi.

“Secara pribadi menilai buku ini sangat bergizi dan layak menjadi referensi bagi Bupati lainnya, tidak hanya di Tanah Datar atau Sumbar, tapi mungkin juga di Indonesia. Insya Allah kami akan membantu untuk penyebaran buku ini sehingga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh orang lainnya,” katanya.

Dari judul bukunya, tambah M. Ihsan,
mencerminkan bagaimana sosok Almarhum H. Irdinansyah Tarmizi merupakan pemimpin yang relatif berhasil melaksanakan program dan kegiatannya namun tetap rendah hati di tengah keberhasilannya.

“Selama menjabat Bupati banyak prestasi yang telah diukir, baik bidang pemerintahan ataupun bidang keagamaan. Seperti penerimaan WTP di bidang keuangan, Wahana Tata Nugraha, gerakan subuh berjamaah, magrib mengaji, pengembangan pondok tahfizh sampai Tanah Datar menjadi juara Umum MTQ N ke 38 tingkat provinsi di Kota Solok dan banyak lainnya,” ungkapnya.

Di kesempatan itu istri almarhum Ny. Emi Irdinansyah mengucapkan rasa terimakasih yang tidak terhingga sehingga bisa menerbitkan buku ini.

“Atas nama ahli waris kami menyampaikan terima kasih atas penerbitan buku biografi almarhum suami kami semoga buku ini bermanfaat bagi semua, sehingga juga menjadi amal bagi beliau sehingga semakin di lapangkan beliau di sisi Allah SWT,” ujarnya.

Kemudian Ny. Emi berharap ke depannya berbagai program yang telah dicanangkan almarhum dilanjutkan pemimpin Tanah Datar selanjutnya.

“Masih banyak program dan kegiatan yang belum sempurna beliau laksanakan, karenanya atas nama keluarga kami sampaikan permohonan maaf. Namun juga tertumpang juga harapan kami, apa yang menjadi program beliau hendaknya bisa juga dilanjutkan, sehingga tercapai masyarakat Tanah Datar yang lebih sejahtera,” pungkasnya.

Dalam kegiatan itu juga dilaksanakan penyerahan buku kepada Istri Almarhum bersama ahli waris dan keluarga di Lintau yang diwakili tokoh masyarakat. Dan juga buku dibagikan kepada semua undangan yang hadir.

Dan selanjutnya akan dibedah oleh narasumber Rektor IAIN Batusangkar Dr. Marjoni Imamora, Pimpred Harian Singgalang sekaligus Komisaris PT. Semen Padang Khairul Jasmi dan Ketua Dewan Pendidikan Tanah Datar Arpinus. (Humas/SW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *