Beberapa Kelompok Tani Sawahlunto, Mendapat Bantuan Alsintan Dari Anggota Komisi IV DPR RI Hermanto

Sawahlunto-Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto pada Selasa pagi (27/7) menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) untuk beberapa kelompok tani Sawahlunto bertempat di Kantor Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sawahkunto.

Penyerahan alsintan tersebut dihadiri langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH bersama dengan H Afdal, anggota DPRD Kota Sawahlunto. Alsintan tersebut terdiri dari satu (1) unit traktor roda 4, Lima (5) unit traktor roda 2 dan Empat (4) unit pompa air 3 inchi.

Pada kesempatan tersebut, anggota DPR RI Hermanto berpesan agar para kelompok tani yang menerima bantuan alsintan, dapat hendaknya merawat alat tersebut dengan baik sehingga bisa digunakan dan bermamfaat secara optimal. Jika terjadi kendala teknis di lapangan, hendaknya dapat dikoordinasikan dengan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto.

“Maksimalkanlah alat ini untuk pengolahan lahan pertanian, yang tentunya akan berbuah pada peningkatan hasil panen dengan tetap memperhatikan perawatan mesin, serta memberi mamfaat bagi seluruh anggota kelompok,” ungkap Hermanto menambahkan

Sementara itu, data dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Sawahlunto, bantuan traktor roda 2 diberikan kepada Kelompok Tani Tampang Jaya (Desa Talawi Mudiak), Kelompok Tani Ngalun Indah Sakato (Desa Talawi Mudiak), Kelompok Tani Ibus (Desa Salak), Kelompok Tani Maju Bersama (Desa Talawi Hilir), Kelompok Tani Kumbalau Sukses (Desa Kolok Nan Tuo) di Kecamatan Talawi.

Dan untuk bantuan pompa air 3 inchi, diberikan kepada Kelompok Tani Sinar Kakao (Kelurahan Lubang Panjang), Kelompok Tani Guguak malintang (Desa Kubang Utara Sikabu), Kelompok Tani Palokuik (Desa Kubang Utara Sikabu) di Kecamatan Lembah Segar serta Kelompok Tani Muda Mandiri Stasiun (Desa Silungkang Tigo) Kec Silungkang.

Untuk bantuan traktor roda 4, diberikan kepada Brigade Alsintan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sawahlunto. Brigade Alsintan inilah yang nantinya akan mengelola traktor roda 4 tersebut untuk digunakan secara bergiliran oleh berbagai kelompok tani yang membutuhkan.

Walikota (Wako) Sawahlunto, Deri Asta SH menyebutkan bahwa, bantuan alsintan yang diberikan oleh anggota Komisi IV DPR RI ini, tentunya sangat berperan strategis dalam membantu meningkatkan pengolahan lahan pertanian di Kota Sawahlunto.

“Kami menyampaikan terimakasih kepada bapak Hermanto atas bantuan yang diberikan, sungguh sangat besar artinya bagi para petani Sawahlunto. Karena dengan menggunakan alat dalam pengolahan lahan, tentunya akan sangat membantu para petani,” ujar Wako Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *