Pengurus PGRI Se Kota Sawahlunto, Priode 2021 – 2026 Dilantik dan Dikukuhkan.

Sawahlunto-Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) se Kota Sawahlunto Priode 2021 – 2026 pada Kamis siang (15/7) dilantik dan disaksikan langsung oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH bertempat di ruang aula SMKN 2 Kota Sawahlunto.

Dalam kegiatan yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril yang juga sebagai pembina PGRI ini, sekaligus dikukuhkan kepengurusan lengkap PGRI Cabang Silungkang, Lembah Segar, Barangin dan PGRI Cabang Talawi.

“Potensi PGRI Sawahlunto, tentunya sangat besar pengaruhnya dalam mendidik dan mempersiapkan generasi Sawahlunto. Dan hal ini telah mereka buktikan dengan kinerja para guru yang tergabung dalam PGRI,” ungkap Wako Deri Asta dalam arahannya.

Lebih lanjut Wako Deri Asta mengatakan, “PGRI Sawahlunto walau baru seumur jagung tetapi sudah terlihat kiprahnya secara nasional. Betapa tidak, PGRI Sawahlunto mewakili Sumbar untuk mengikuti lomba paduan suara di tingkat Nasional. Dan hasilnya, PGRI Sawahlunto masuk sepuluh (10) besar nasional atau persisnya berada pada posisi urutan ke tujuh (7) dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, hal ini pencapaian yang luar biasa dan perlu kita apresiasi,” ujar Wako Deri Asta.

Kita ketahui, peran guru yang tergabung dalam PGRI sudah terlihat dan terbukti dalam mendidik generasi Sawahlunto. Program Pemko Sawahlunto, sejak 2018 memberikan reward kepada anak Sawahlunto dengan IP di atas 3,1 yang berkuliah di universitas negeri atau swasta dengan akreditasi A.

Pada tahun pertama 2018, terdapat 300 anak dengan kriteria tersebut dan pada tahun 2019 meningkat menjadi 500 anak yang mendapatkannya.

Sementara pada tahun 2020 lalu, terdapat 700 anak Sawahlunto yang mendapatkan reward dari Pemko Sawahlunto, dan tahun ini melonjak secara signifikan. Dengan total reward diberikan oleh pemko kepada 963 orang anak Sawahlunto, dengan nilai IP nya di atas 3,1.

“Artinya, setiap tahun bertambah dan hal ini tentunya tidak terlepas dari peran aktif para guru,” ungkap Asril, Kadis Pendidikan Kota Sawahlunto.

Melalui PGRI Kota Sawahlunto, diwujudkan cita-cita Proklamasi dalam mempertahankan dan mengamalkan Pancasila serta Undang-undang Dasar 1945. Dengan berperan aktif dalam mencapai tujuan secara nasional. Berupa cita cita untuk mencerdaskan bangsa dan membentuk manusia Indonesia (Sawahlunto) yang berkarakter. Semoga !
(Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *