Untuk Meningkatkan SDM, Pemko Sawahlunto Laksanakan Pendidikan Karakter Bagi Guru dan Pelajar.

Sawahlunto-Guna untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi guru dan pelajar SD-SMP, Pemko Sawahlunto melalui Dinas Pendidikan memfasilitasinya dengan menyelenggarakan kegiatan pendidikan karakter.

Kegiatan tersebut, Senin pagi (20/9) dibuka langsung oleh Wali Kota (Wako) Sawahlunto Deri Asta SH bersama dengan Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto Dr dr Ambun Kadri MKM, beetempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Sawahlunto, Asril dalam laporannya menyatakan bahwa, kegiatan yang berlangsung sejak hari ini atau dari tgl 20 sampai 29 September 2021, diikuti oleh 187 orang para guru dan pelajar SD-SMP se Kota Sawahlunto.

Dengan rincian, 25 orang guru SMP, sebanyak 62 orang guru SD dan 50 orang siswa SD serta 50 orang pelajar SMP. Sementara untuk tempat pelaksanaannya, dibagi di dua tempat, yaitu bagi para guru di Aula Dinas Pendidikan dan untuk para pelajar berlokasi di Aula Kantor Camat Barangin.

Sementara untuk instruktur/pemateri dalam kegiatan pendidikan karakter ini, terdiri dari Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan, Rafki Rusdian serta Inner Drive SQ Padang.

Pelaksanaan kegiatan ini, tetap dengan penerapan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat. Karenanya, untuk para peserta terpaksa dibatasi, sesuai dengan kapasitas ruangan, sehingga tetap berjarak.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta SH dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa, “kegiatan pendidikan karakter yang termasuk dalam program inovasi Dinas Pendidikan, merupakan salah satu tindak lanjut dari misi ke tiga (3) dari Pemko Sawahlunto. Berupa, mewujudkan pendidikan yang berkualitas untuk menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang beriman, kreatif dan berdaya saing,” ungkap Wako Deri Asta.

“Pendidikan karakter ini, sama pentingnya dengan pendidikan secara akademis. Sehingga Pemko Sawahlunto berkomitmen dalam mengupayakan mendukung terselenggaranya pendidikan karakter bagi para guru dan pelajar Sawahlunto. Kegiatan yang kita lakukan sekarang ini, merupakan salah satu bentuk realisasi dari dukungan pemko,” ujar Wali Kota Sawahlunto Deri Asta dalam uraiannya.

Sementara untuk tindak lanjut dari komitmen tersebut, Pemko Sawahlunto mengarahkan Dinas Pendidikan untuk kembali melaksanakan program pendidikan karakter tersebut, pada tahun 2022 nanti.

“Sebab dalam menghadapi bonus demografi ke depan, pendidikan karakter ini juga menjadi bekal yang sangat diperlukan untuk menciptakan generasi Sawahlunto yang kuat dan tangguh,” pungkas Wako Deri Asta mengakhiri. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *