Dapur Berjalan ACT Singgah di Sawahlunto, Untuk Berikan Bantuan Makanan Bergizi.

FB_IMG_1634392981858

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Sebanyak hampir 300 porsi makanan siap saji dengan gizi cukup, diberikan oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Cabang Solok kepada para pelajar SD dan Panti Asuhan di Kota Sawahlunto, pada Sabtu pagi (16/10) ditandai dengan penyerahan secara simbolis, di Lapangan Parkir Balaikota Sawahlunto.

Makanan siap saji dengan penuh gizi ini, dibuat food bus atau dapur berjalan dari sebuah bus besar yang di dalamnya berisi dapur beserta perlengkapan memasak, sekelas hotel bintang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kota Sawahlunto, Irwan melaporkan bahwa makanan siap saji bergizi dari ACT ini, dibagikan kepada lima (5) SD dan satu (1) panti asuhan.

“Setiap SD memperoleh 50 porsi. SD 03 Aur Tajungkang, SD 13 Pasar Remaja, SD 10 Tanah Lapang, SD 05 Kubang Sirakuk, dan SD 03 Lubang Panjang. Sementara untuk Panti Asuhan, diberikan kepada Panti Asuhan di Mudik Air, sebanyak 20 porsi,” ujar Irwan menguraikan.

Sementara itu, Manager ACT Solok, Marliandri mengatakan bahwa semua menu adalah makanan bergizi, karena wajib mengandung karbohidrat, protein dan vitamin. Karena tujuan dari pembagian makanan ini adalah untuk perbaikan gizi pada keluarga pra-sejahtera dan para anak sekolah.

“ACT dengan Food Bus ini memberikan makanan bergizi yang diolah oleh chef/koki berpengalaman sehingga tidak hanya bergizi namun juga dengan olahan makanannya yang enak. Kalau untuk yang memasak makanan ini, bisa dijamin karena peralatan memasak pada food bus ini, merupakan peralatan memasak dari hotel bintang lima yang dipindahkan ke dalam bus,” ungkap Marliandri.

Ditambahkan Marliandri bahwa, “food bus ini adalah mobile kitchen (dapur berjalan) pertama dan satu-satunya di Indonesia saat ini. Kota Sawahlunto termasuk yang beruntung karena dapat disinggahi pada gelombang awal penggunaan bus ini oleh ACT,” ungkapnya.

Sementara untuk pelaksanaan pembagian paket makanan bergizi dari ACT kepada para pelajar SD dan Panti Asuhan ini, untuk pembagiannya dibantu oleh Saka Bhayangkara dan Satgas Pramuka Peduli dari Pramuka Kwarcab Sawahlunto.

Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE yang membuka kegiatan pembagian paket makanan bergizi dari ACT ini, didampingi langsung oleh Sekdako Sawahlunto, Dr dr Ambun Kadri MKM dan Kadis Pendidikan, Asril.

Wawako menyampaikan ucapan terimakasih kepada ACT atas perhatian dan bantuan makanan bergizi yang diserahkan kepada anak-anak SD dan Panti Asuhan di Kota Sawahlunto.

“Makanan yang bergizi dan diolah oleh chef berpengalaman dengan perlengkapan memasak dari hotel bintang lima, kami sangat yakin hal ini akan memberikan gizi yang sehat kepada anak-anak kita,” ujar Wawako Zohirin Sayuti.

Melihat kemampuan ACT dalam mengelola dana yang bersumber dari donasi umat, untuk dibagikan kembali kepada masyarakat yang membutuhkan, Wawako Zohirin Sayuti mengajak masyarakat Sawahlunto untuk juga bisa berdonasi dan berkontribusi melalui ACT.

“Karena untuk berbagi, tidak perlu menunggu kaya. Sedikit tapi ikhlas akan sangat berharga artinya. Sekarang kalau kita ingin berbagi dengan berdonasi tentu melalui lembaga yang bisa menjaga amanah, ACT inilah yang telah kita lihat kinerjanya saat ini. Jadi saya mengajak masyarakat Sawahlunto jika ingin berdonasi, ACT bisa kita rekomendasikan,” ungkap Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *