Ombudsman, Lembaga Negara Pengawasan Pelayanan Publik.

Sawahlunto-KABARDAERAH.COM.Kepala Ombudsman Perwakilan Sumatera Barat, Yefri Hariani pada Jumat (15/10) bertemu dengan Wakil Walikota (Wawako) Sawahlunto, Zohirin Sayuti SE, di ruang kerja Wawako, di Balaikota Sawahlunto.

Wawako Zohirin Sayuti SE dalam pertemuannya dengan Kepala Ombudsman Sumbar tersebut, juga didampingi langsung oleh Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Sawahlunto, Dr dr. Ambun Kadri MKM.

Dalam pertemuan tersebut telah dibahas mengenai berbagai hal, termasuk koordinasi tentang peningkatan kualitas pelayanan publik di Kota Sawahlunto.

Kita ketahui, Ombudsman merupakan sebagai salah satu lembaga negara yang bertugas mengawasi pelayanan publik dan menjadi mitra strategis bagi Pemko Sawahlunto dalam merumuskan berbagai hal, termasuk bentuk strategi dalam pelayanan publik, agar semakin baik.

Wawako Zohirin Sayuti menyebutkan bahwa, “sesuai dengan misi Pemko Sawahlunto, antara lain menghadirkan pemerintahan yang baik, bersih, inovatif serta melayani dan tersedianya infrastruktur publik yang merata dan memadai, untuk menunjukkan komitmen Pemko Sawahlunto dalam pelayanan publik,” ungkap Wawako Sawahlunto Zohirin Sayuti.

Sementara itu, Ombudsman perwakilan Sumbar relatif memang masih terbilang baru (8). Untuk itu, keberadaannya masih belum maksimal dirasakan, karena sosialisasi kepada masyarakat tentang fungsi dan keberadaannya, masih belum merata. Utamanya, informasi tentang keberadaan lembaga ini di tengah masyarakat, khususnya Kota Sawahlunto.

Untuk itu, Ombudsman perwakilan Sumbar sejak 13-15 Oktober 2021 membuka gerai pelayanan, verifikasi laporan secara on the spot (jemput bola) di Lapangan Segitiga, Kota Sawahlunto.

Kegiatan ini, selain sosialisasi langsung juga merupakan salah satu bentuk layanan, guna untuk menampung berbagai laporan dari masyarakat Sawahlunto, utamanya yang termasuk ke dalam ranah Ombudsman atau yang bersentuhan dengan pelayanan publik. (Fdm)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *